Pada bagian ketiga ini, saya akan meresensi atau meringkas wacana mengenang peran intelektual Jaringan Islam liberal (JIL) dalam diskursus Islam Indonesia. Di bagian akhir, saya akan memberi catatan apresiasi kritis terhadap pemikiran pembaruan Islam yang disuarakan oleh JIL.
Secara khusus, JIL mulai aktif pada Maret 2001 dengan menggelar kelompok diskusi maya (milis) yang tergabung dalam islamliberal@yahoogroup.com. Kemudian, gagasan-gagasan JIL juga disebarkan lewat website islamlib.com. Sejak Juni 2001, JIL mengisi salah satu halaman Jawa Pos Minggu, dan di puluhan koran jaringannya, dengan artikel dan wawancara seputar perspektif Islam liberal. Tiap Kamis malam, JIL menyiarkan talk show dan diskusi interaktif dengan para kontributor dan tokoh Islam yang sepaham dengan mereka, melalui kantor Barita Radio 68H Utan Kayu, dan disiarkan juga oleh beberapa radio jaringannya.182-83
Selain Luthfi Assyaukanie dan Ulil Abshar-Abdalla, terdapat tiga tokoh perdana yang sangat aktif di JIL, yaitu Akhmad Sahal, Hamid Basyaib, dan Saiful Muzani. Menurut Prof Mediaa Zainul Bahri, jika melihat proses “pematangan” Islam intelektual para penggagas JIL, maka sesungguhnya Ulil, Luthfi, dan Sahal adalah santri yangg berlatar belakang pesantren tradisional dengan penguasaan kitab-kitab klasik Islam yang memadai. Pengetahuan Islam tradisional mereka kemudian dipertajam dan diperluas dengan wawasan filsafat Islam, filsafat Barat, sosiologi modern, dan ilmu politik yang mereka pelajari di perguruan tinggi. Karena itu, JIL memiliki fondasi tradisional Islam yang kuat, tetapi mereka “melampauinya” dengan pisau analisis ilmu-ilmu sosial dan humaniora modern. Dalam pengertian ini, JIL bukanlah komunitas muslim yang sedang “bermain-main” dengan Islam atau hanya ingin tampil beda semata, melainkan memang memiliki “cita rasa” Islam intelektual.
Dalam pembacaan Media, ada empat faktor yang paling signifikan yang memunculkan gerakan JIL secara agresif. Pertama, konteks global. Kemunculan Islam liberal Indonesia tak bisa dilepaskan dari perkembangan global ketika banyak negara di planet bumi ini mengalami perubahan besar dan mendasar, terutama tuntutan demokratisasi dalam kehidupan sosial, politik, dan keagamaan. Agama, dalam alam demokrasi, harus diredefinisikan agar sesuai dengan tuntutan kehidupan yang demokratis, seperti soal hubungan agama dan negara, kesetaraan jender, pluralisme, HAM, hubungan dengan non-Muslim, dan lain-lain. Hanya agama dalam definisi, spirit, dan bentuknya yang progresit setelah direkonstruksi, yang dapat menyesuaikan diri dengan alam demokrasi. Dalam pengertian inilah, para pemikir Muslim Indonesia, termasuk tokoh-tokoh JIL, “mengidolakan” para sarjana Barat dan Timur yang dianggap progresif dan liberal, seperti Abdullah Ahmad an-Na’im, Farid Esack, Hassan Hanafi, Mohammed Arkoun, Abid al-Jabiri, Nasr Hamid Abu Zaid, Abdul Karim Soroush, Muhammad Syahrur, dan lain-lain. Pemikiran keislaman mereka dianggap cocok dengan perubahan dunia yang sedang terjadi saat itu.
Kedua, era Reformasi—dengan tumbangnya rezim Orde Baru—membuka keran kebebasan berekspresi dan berpendapat. Dalam kehidupan keagamaan, banyak muncul paham Islam garis keras yang diimpor dari Timur Tengah, suatu model Islam yang sebenarnya tidak cocok dengan Indonesia. Pada momen ini, skripturalisme dan fundamentalisme Islam menguat. Muslim skripturalis terus menyuarakan pentingnya formalisme Islam (syariah) bagi masyarakat Indonesia.
Kemunculan JIL tidak semata karena euforia Reformasi, melainkan juga usaha untuk melawan fundamentalisme dan formalisme Islam itu. Karenanya, relevan ungkapan Luthfi bahwa salah satu misi Islam liberal adalah “mengembalikan semangat kebangkitan pemikiran Islam yang sejak satu abad silam telah dibajak oleh konservatisme dan fundamentalisme agama.” Benar, di dunia Islam, telah satu abad, tetapi di Indonesia baru beberapa tahun fundamentalisme Islam menguat. Bagi JIL, fundamentalisme Islam ala Timur Tengah itu berlawanan dengan sejarah berabad-abad Islam kultural Indonesia yang moderat dan toleran.
Ketiga, diskursus Islam intelektual telah menyebar luas di banyak IAIN di Indonesia (sekarang UIN). Hal ini terjadi karena banyak dosen IAIN yang telah pulang dari pendidikannya di Barat. Selain membawa gelar master dan doktor, mereka juga membawa isu-isu baru, seperti Islam dan pluralisme, Islam dan demokrasi, Islam dan HAM, Islam dan konsep nation-state, Islam dan dialog antar-agama, dan lain-lain. Penting dicatat bahwa dengan sumber daya manusia unggul, IAIN dan UIN di kota-kota besar di Indonesia memainkan peran yang sangat signifikan dalam mengembangkan kajian teoretis studi keislaman (Islamic studies) di satu sisi, dan menyebarkan gagasan Islam moderat, bahkan Islam liberal, di sisi lain.
Tokoh-tokoh UIN, terutama di Jakarta dan Yogyakarta, setelah Harun Nasution dan Mukti Ali, seperti Azyumardi Azra dan Abdul Munir Mulkhan dengan isu Islam kultural Indonesia, Komaruddin Hidayat dan Amin Abdullah dengan diskursus hermeneutika, Din Syamsuddin dan Bahtiar Effendi dengan politik Islam Indonesia, dan Nasaruddin Umar dengan isu Islam dan kesetaraan gender adalah para penopang yang kuat bagi eksistensi dan masa keemasan JIL pada periode 2000-an. Mereka “dimanfaatkan” menjadi para kontributor utama dalam acara-acara yang digelar JIL. Tentu saja, JIL mendapat dukungan dari tokoh senior, seperti Gus Dur dengan NU, Cak Nur dengan Paramadina, dan dua tokoh senior lain, Djohan Effendi dan Dawam Rahardjo. JIL dan para tokoh itu kemudian menjadi semacam “elite Islam Indonesia” yang menjadi rujukan kaum muda Muslim Indonesia yang progresif.
Keempat, Islam kultural yang toleran yang selama ini dikampanyekan oleh NU, Muhammadiyah, dan Paramadina, bagi JIL, adalah bagian dari kehidupan keseharian dan keislaman mereka. Para tokoh dan simpatisan JIL hampir seluruhnya adalah anak-anak muda yang dibesarkan di lingkungan NU dan Muhammadiyah. Mereka tidak semata merasa berkewajiban menjaga Islam kultural, tetapi juga ingin mengembangkannya menjadi Islam intelektual dengan spektrum yang lebih luas dan mendalam. Dalam konteks ini, harus dipahami bahwa tiga figur senior, yaitu Harun Nasution dengan Islam rasional, Cak Nur dengan Islam peradaban dan kemodernan, dan Gus Dur dengan pribumisasi Islam dijadikan ikon-ikon yang banyak diapresiasi oleh tokoh-tokoh JIL.
Lalu apa pengertian Islam liberal dan apa agenda utama JIL?
Menurut Ulil, makna “liberal” dan pengertian “Islam liberal” sering kali disalahpahami oleh banyak Muslim Indonesia. Menurut Ulil, banyak Muslim yang memahami bahwa istilah “liberal” dalam Islam liberal mempunyai makna kebebasan tanpa batas, sebuah sikap permisif, ibahiyah (serba boleh), sikap menolelir setiap hal tanpa mengenal batas yang pasti. Dengan cara pandang seperti ini, Islam liberal dianggap sebagai ancaman terhadap keberagamaan yang sudah terlembaga, bahkan dianggap sebagai “musuh” Islam itu sendiri. Padahal, kata Ulil, tidak begitu pengertian Islam liberal. Ulil menulis:
Bahwa dengan membubuhkan kata “liberal” pada Islam sesungguhnya saya hendak menegaskan kembali dimensi kebebasan dalam Islam yang jangkarnya adalah niat atau dorongan-dorongan emotif-subjektif dalam manusia itu sendiri. Dan, sebaiknya kata “liberal” dalam “Islam liberal” dipahami dalam kerangka semacam ini. Kata “liberal” di sini tidak tersangkut paut dengan kebebasan tanpa batas, dengan sikap-sikap permisif yang melawan kecenderungan “intrinsik” dalam diri manusia itu sendiri. Dengan menekankan kembali dimensi kebebasan manusia, dan menempatkan manusia pada fokus penghayatan keagamaan, maka kita telah memulihkan kembali integritas wahyu dan Islam itu sendiri.
Menurut Ulil, kebebasan memiliki nilai yang tinggi dalam Islam karena ia berhubungan langsung dengan penggunaan nalar dan keagungan martabat manusia. Agama tidak diturunkan bagi keledai yang dungu, tetapi bagi manusia yang memiliki kemampuan untuk memaksimalkan akal dan nalarnya. Nabi menyebut: “Ad-diin huwal ‘aql. Laa dina limal laa ‘aqla lahu (Agama adalah akal. Tidak ada agama bagi mereka yang tidak mempunyai akal).”
Menurut Ulil, yang terlihat menonjol di dunia Muslim adalah “bahasa kewajiban”, yaitu tekanan-tekanan kewajiban menjalankan syariah kepada Tuhan. Bahasa “hak dan kebebasan manusia” jarang muncul. Dalam pengertian inilah, Islam liberal muncul untuk menyeimbangkan “neraca” antara bahasa kewajiban dan kebebasan/hak.
Secara lebih spesifik, Luthfi menyebut istilah “Islam liberal” berarti “pembebasan” kaum Muslim dari dua hal. Pertama, dari cengkeraman kolonialisme yang menguasai hampir seluruh dunia Islam di masa lalu. Kedua, pembebasan kaum Muslim dari pola pikir dan sikap keagamaan yang jumud dan menghambat kemajuan. Pembebasan yang kedua ini adalah yang masih relevan dan kontekstual untuk terus dikembangkan. Pola pikir yang jumud biasanya akan melahirkan sikap keagamaan yang konservatif dan fundamentalis, dalam pengertiannya yang negatif. Karena itu, menurut Luthfi, “musuh utama” Islam liberal adalah konservatisme dan fundamentalisme yang menghinggapi sebagian besar kaum Muslim. Termasuk dalam fundamentalisme adalah ide teokrasi yang ingin dipertahankan kaum Muslim fundamentalis.
Sedangkan mengenai agenda pokok JIL, milis resmi JIL menyebutkan beberapa agenda: (1) Membuka pintu ijtihad pada semua dimensi Islam; (2) Mengutamakan semangat religio-etik, bukan makna literal teks; (3) Mempercayai kebenaran yang relatif, terbuka, dan plural; (4) Memihak pada yang minoritas dan tertindas; (5) Meyakini kebebasan beragama; dan, (6) Memisahkan otoritas duniawi dan ukhrawi, otoritas keagamaan dan politik. Luthfi, menyebut empat agenda utama yang harus menjadi perhatian para pembaru Muslim, termasuk JIL: (1) Agenda politik. Ide negara teokrasi harus dilawan; (2) Hubungan Muslim dan non-Muslim. Untuk memperkuat hubungan itu, ide tentang teologi pluralisme harus dikembangkan; (3) Memberdayakan peran perempuan. Untuk agenda ini, kaum Muslim harus memikirkan kembali ajaran-ajaran Islam yang cenderung merugikan dan mendiskreditkan kaum perempuan; dan,(4) Kebebasan berpendapat harus mendapat prioritas dalam kehidupan kaum Muslim modern. Islam sangat menghormati HAM, dan karena itu juga sangat menghormati kebebasan berpendapat.
Untuk menyuburkan kebebasan berpikir dalam Islam, Islam liberal mendorong kreativitas berijtihad. Abdul Moqsith Ghazali, salah seorang tokoh JIL, menegaskan bahwa Islam harus dikembalikan ke posisi awalnya sebagai agama yang membebaskan dan mencerahkan. Islam harus liberatif untuk mengatasi keterbelakangan kaum Muslim. Islam harus dibersihkan dari beban-beban sejarah masa lalunya yang kelam. Islam, yang saat ini telah banyak dimanipulasi oleh elite-elite ulama sehingga tampak kacau-balau, harus dipulihkan kembali dengan cara menyemarakkan aktivitas ijtihad. Hanya ijtihad cara yang paling efektif untuk menghidupkan kembali rasionalitas Islam. Di sinilah relevansi dan signifikansi peran-peran intelektual JIL.
* * *
Dalam lintasan spektrum waktu, tepatnya pada 18 November 2002, panggung Islam Indonesia dihebohkan oleh tulisan Ulil di Kompas. Di koran dengan oplah terbesar di Indonesia itu, Ulil menulis sebuah opini bertitel “Menyegarkan Kembali Pemikiran lslam.” Dalam tulisan itu, Ulil terlihat “geram” sekali dengan kaum fundamentalisme Islam. Ada empat hal pokok isi tulisan itu. Pertama, soal jilbab, potong tangan, qishash, hukum rajam, jenggot, dan jubah tidak wajib diikuti oleh kaum Muslim karena itu hanya ekspresi lokal partikular Islam di Arab. Kedua, menurut Ulil, tidak ada “hukum Tuhan” dalam pengertian yang biasa dipahami oleh umat Islam. Yang ada adalah prinsip-prinsip umum universal yang disebut dengan maqashidusy syari’ah (tujuan umum syariat Islam).
Ketiga, kaum Muslim tidak wajib mengikuti Rasul secara harfiah sebab apa yang dilakukan oleh Rasul di Madinah adalah upaya menegosiasikan antara nilai-nilai universal dengan situasi sosial Madinah beserta seluruh kendala yang ada. Islam di Madinah adalah hasil suatu trade-off antara yang “universal” dengan yang “partikular.” Lagi pula, kata Ulil, Islam di Madinah adalah one among others, salah satu jenis Islam yang hadir di muka bumi. Keempat, adanya kecenderungan umat Islam Indonesia yang “memonumenkan” Islam hingga Islam menjadi agama yang beku dan mati. Seolah-olah Islam adalah “paket” Tuhan yang taken for granted, tidak bisa dipikirkan dan diperdebatkan lagi. Karena itu, Ulil mengajak pembacanya untuk mengembangkan Islam yang hidup, yang segar, yang cerah, yang lebih dapat memenuhi maslahat umat manusia.
Kontan saja, setelah tulisan itu tersebar luas, muncul kemarahan umat Islam di mana-mana dan menganggap Ulil telah “menghina” Islam. Suara Hidayatullah, sebuah majalah bulanan milik Muslim konservatif, membuat jajak pendapat dengan pertanyaan: setujukah bahwa tulisan Ulil telah menghina Islam? Jawaban responden: 78,15% setuju, 17,68% tidak setuju, dan 4,17% tidak tahu. Tulisan Ulil juga telah membuat 80 ulama Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang tergabung dalam Forum Ulama-Umat Indonesia (FUUI) berkumpul di Bandung pada 1 Desember 2002. Hasil dari pertemuan itu sangat mengejutkan. Para ulama menuntut Ulil—dan siapa pun yang telah menghina lslam, Allah SWT dan Rasulullah Saw—untuk “dihukum mati.” Untuk mengeksekusi tuntutan itu, FUUI kemudian melaporkan Ulil ke POLRI. Ulil sendiri mengaku merasa agak takut meskipun ia menilai “fatwa” FUUI itu tidak kredibel karena NU dan Muhammadiyah tidak ikut menandatangani.
Menurut Media, peristiwa itu membuat JIL semakin populer dan menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Ulil dan JIL “dikutuk” di mana-mana, namun juga didukung oleh kaum muda Muslim progresif. Bagi kaum muda Muslim, pemikiran Ulil dan para pembaru yang lain adalah sebuah “harapan'” akan kelangsungan dan masa depan Islam itu sendiri. Agama yang hidup adalah agama yang bisa beradaptasi menghadapi perubahan. Adaptasi dan reformasi tafsir keagamaan tidak akan menghilangkan prinsip pokok ajaran agama. Kaum beragama harus berusaha mengadaptasi dan memahami setiap konsep-konsep baru yang berkembang di dunia modern untuk diselaraskan dengan jiwa dan nilai agama. Jika mereka menemukan kontradiksi, mereka akan menafsirkan ulang doktrin-doktrin lama yang mereka anut agar sesuai dengan semangat zaman yang dihadapi.
Apakah setelah kegaduhan akibat fatwa FUUI itu Ulil menjadi bungkam? Ternyata, tidak. Tokoh-tokoh Muslim moderat di NU, Muhammadiyah, UIN, dan Paramadina membelanya sehingga Ulil merasa memiliki banyak dukungan. Bagi Ulil, agama adalah suatu kebaikan buat umat manusia. Dan, karena manusia adalah organisme yang terus berkembang, baik secara kuantitatif dan kualitatif, maka agama juga harus bisa mengembangkan diri sesuai kebutuhan manusia itu sendiri. Karena itu, yang dibutuhkan adalah “agama yang hidup” atau “Islam yang hidup” sebagai lawan dari “Islam yang mati” milik kaum fundamentalis.
Salah satu bentuk Islam yang hidup adalah mengapresiasi pluralisme. Untuk isu ini, Ulil memulai dengan cara mendekonstruksi pandangan kaum Muslim bahwa Islam adalah agama yang paling benar dan sempurna. Menurut Ulil, pandangan ini begitu kuat di abad 20 ketika kaum Muslim inferior di hadapan modernitas dan peradaban Barat yang unggul. Padahal, jika menelaah tradisi penafsiran Al-Qur’an pada periode klasik (antara abad ke-8 hingga ke-12 M, periode di mana kegiatan intelektual dalam dunia Islam mencapai puncak kreativitasnya), konsep “kelengkapan/kesempurnaan” itu tidak terlalu mendapatkan perhatian yang khusus. Saat itu, Islam sedang berada di puncak tertinggi peradaban. Karena itu, konsep kesempurnaan tidak terlalu dimunculkan oleh para sarjana Muslim saat itu.
Menurut Ulil, kaum muslim harus merumuskan kembali konsep kesempurnaan itu melalui dua penafsiran yang progresif. Pertama, kesempurnaan itu terletak pada aspek akidah dan norma umum. Norma-norma umum ini yang kemudian dikembangkan lebih jauh oleh para sarjana Muslim menjadi norma khusus. Misalnya, dalam Al-Qur’an, ada ayat yang menyebutkan tentang pentingnya melakukan musyawarah di antara kaum Muslim. Konsep musyawarah ini ternyata kompatibel dengan model demokrasi modern. Kedua, watak kesempurnaan Islam artinya sebuah watak dan sikap yang terbuka untuk menerima berbagai kebenaran dan kekayaan dari berbagai agama dan tradisi lain. Jadi, kesempurnaan justru bermakna kesanggupan untuk menampung berbagai kebenaran dari orang lain, bukan malah ketertutupan. Karena itu, menurut Ulil, kebenaran ada di mana-mana di luar kaum Muslim: ada di agama Zoroaster, Yahudi, Kristen, dan lain-lain. Dengan merujuk kepada Fazlur Rahman, justru ciri orang bertakwa adalah rendah hati, yaitu sikap mau menerima hikmah (wisdom) dari orang lain.
Terkait konsep pluralisme agama, Abdul Moqsith Ghazali, akademisi UIN Jakarta yang pernah menjadi Direktur Eksekutif JIL periode 2008-2013, menulis sebuah buku akademik berjudul: Argumen Pluralisme Agama: Membangun Toleransi Berbasis Al-Qur’an. Buku ini adalah disertasi doktoralnya dalam bidang tafsir Al-Qur’an. Moqsith mendiskusikan tema-tema pokok yang cukup sensitif di kalangan kaum Muslim, yaitu soal toleransi dan kebebasan beragama, pengakuan akan keselamatan umat non-Muslim, doktrin tentang kafir, syirik, ahli kitab, kebolehan menikah dengan pasangan non-Muslim, soal perbedaan jihad dan perang. Tema-tema itu dieksplorasi menurut ayat-ayat Al-Qur’an dan perspektif para mufasir. Moqsith mengurai secara detail pandangan para ahli tafsir, baik yang klasik maupun yang modern, baik yang eksklusif maupun yang inklusif, kemudian mengarahkan pembicaraan ke arah tafsir Al-Qur’an yang humanis dan progresif dalam bingkai Islam yang pluralis. Yang istimewa dalam karya itu adalah bahwa Moqsith berhasil menyajikan wawasan Al-Qur’an dan perspektif para mufasir mengenai doktrin Islam yang bersifat lokal-partikular dan ajaran lain yang humanis-universal.
Gagasan pluralisme agama yang diusung Cak Nur, Gus Dur, Djohan Effendi, dan diperkuat oleh tokoh-tokoh JIL mengundang kemarahan kaum Muslim konservatif. Bagi mereka, pandangan yang ingin menyetarakan Islam dengan agama-agama lain sangat membahayakan akidah kaum Muslim. Melalui lobi-lobi mereka yang cukup intens kepada MUI, akhirnya pada 2006 MUI mengeluarkan fatwa haram bagi paham pluralisme agama. Dalam fatwa itu, MUI menjelaskan bahwa yang dimaksud pluralisme agama adalah “suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama, dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif. Oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar, sedangkan agama lain salah. Pluralisme agama juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama yang berbeda-beda akan masuk surga dan hidup berdampingan di dalamnya.” Dengan paham seperti itu, maka bagi MUI, “pluralisme, sekularisme, dan liberalisme agama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.” “Umat Islam haram mengikuti paham pluralisme, sekularisme, dan liberalisme agama.” Bagi MUI jelas, secara teologis, kebenaran dan keselamatan di akhirat hanya milik agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw dan hanya Islam satu-satunya agama yang mendapatkan ridha Tuhan.
Segera setelah fatwa itu diumumkan, para tokoh Islam moderat dan liberal berkumpul untuk memberikan reaksi yang sangat keras. Dalam konferensi pers, secara bergantian, Gus Dur, Syafii Ma’arif, Azyumardi Azra, dan Ulil memberikan pernyataan yang berisi keprihatinan atas fatwa itu dan mengkritik keras MUI. Menurut Gus Dur, dengan fatwa itu, MUI seolah-olah menutup mata atas kemajemukan Indonesia, namun di sisi lain ingin tetap hidup di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Ulil sendiri secara emosional menyebut para ulama dalam MUI bukanlah orang-orang yang berilmu (ulama), melainkan orang-orang yang bodoh (juhala).
Dalam perspektif JIL, gagasan dan praktek mengenai Islam yang hidup dan pluralisme agama tidak akan tumbuh berkembang di negara yang menganut “negara Islam”. Karena itulah, sejak awal JIL menolak konsep negara teokrasi dan mendukung konsep negara-bangsa (nation state) dengan sistem demokrasi. Menurut Luthfi, Islam liberal meyakini bahwa urusan pemerintahan dan politik adalah persoalan ijtihad manusia, dan bukan sesuatu yang baku yang datang dari masa silam dan dipaksa untuk diterapkan bagi manusia modern. Argumen formalisme negara Islam tak lagi memadai untuk menjawab kompleksitas kehidupan masyarakat modern yang mengidealkan pluralitas, persamaan hak, dan demokrasi. Bagi Luthfi, Islam liberal meyakini bahwa dasar negara harus dikembalikan kepada unsurnya yang paling luhur, yaitu keadilan dan persamaan, dan bukan pada formalisme monolitik seperti yang dikampanyekan kaum Muslim fundamentalis, yang hanya akan memecah-belah masyarakat yang heterogen.
Dekonstruksi Sakralitas Al-Qur’an
Selanjutnya dengan mengambil inspirasi dari seorang ulama klasik ahli kajian Al-Qur’an, Imam as-Suyuthi, dan beberapa sarjana Muslim modern, seperti Fazlur Rahman dan Arkoun, tiga tokoh JIL, Ulil Abshar-Abdalla, Luthfi Assyaukanie, dan Moqsith Ghazali, menulis beberapa artikel kritis tentang sejarah Al-Qur’an, proses kodifikasi Al-Qur’an, kemungkinan kesalahan gramatik Al-Qur’an, dan bagaimana seharusnya kaum Muslim memperlakukan Al-Qur’an. Puncaknya, tiga tokoh JIL itu menulis satu buku berjudul Metodologi Studi al-Quran. Menurut mereka, Al-Qur’an harus dilihat dalam dua hal yang berbeda. Pertama, ia adalah wahyu aural, wahyu yang didengarkan. Kedua, Al-Qur’an harus dilihat sebagai kitab suci yang ditulis (scripture) dan dikodifikasi. Ada proses manusiawi atau proses sejarah dalam penulisan dan kodifikasi Al-Qur’an.
Wahyu atau wahyu aural adalah sesuatu yang berada di alam Ilahi, bukan di area manusiawi. Klaim penerimaan wahyu oleh kaum Muslim adalah klaim subjektif yang berada di luar nalar ilmiah. Persoalan wahyu sepenuhnya adalah persoalan keimanan, dan bukan persoalan ilmu pengetahuan. Karena itu, klaim keterjagaan Al-Qur’an, seperti firman-Nya: “Kami yang menurunkan al-Quran dan Kami pula yang menjaganya” (QS. Al- Hijr 15: 9), harus dipahami bukan dalam konteks manusiawi, tetapi dalam konteks llahi.
Sebaliknya, berbeda dengan hal itu, menurut ketiga tokoh JIL itu, penulisan dan kodifikasi Al-Qur’an adalah proses panjang pengumpulan, penyeleksian, pengeditan, dan percetakan hingga akhirnya menjadi sebuah buku suci. Menjadi jelas bahwa penulisan adalah proses manusiawi yang bisa diuji dan diverifikasi secara objektif. Proses penulisan kitab suci tak lebih dari sekadar proses penulisan buku, melibatkan berbagai unsur: budaya, bahasa, politik, dan kekuasaan. Dari sini harus dipahami bahwa, menurut tiga tokoh itu, sakralisasi Al-Qur’an berkaitan erat dengan proses pembentukan dan perjalanan wahyu sebagai kitab suci. Proses sakralisasi berkembang seiring proses penulisan dan kodifikasi Al-Qur’an. Dalam perkembangan itulah, penyucian atau menganggap suci Al-Qur’an adalah konstruksi sebuah masyarakat. Al-Qur’an dianggap suci karena ada sekelompok masyarakat yang menganggapnya suci, tanpa pernah memperhatikan secara kritis adanya proses-proses manusiawi di dalamnya.
Menurut ketiga figur JIL, saat ini yang terjadi adalah kecenderungan kaum Muslim untuk mensakralkan huruf, script, atau tulisan Al-Qur’an dibanding semangat pembebasan dan pemuliaan manusia yang dikandung Al-Qur’an. Kaum Muslim telah meletakkan Al-Qur’an hanya sebagai kitab suci yang tertulis dan sebagai kitab hukum yang kaku dan rigid. Hal ini memberikan beberapa akibat. Pertama, terjadi penguatan skripturalisme yang eksesif, yaitu anggapan bahwa huruf dan kalimat yang tertera dalam kitab suci harus dimengerti secara “harfiah”, dan bahwa maksud Tuhan terkandung secara transparan dan langsung dalam huruf itu. Kedua, Al-Qur’an disempitkan menjadi sekadar dokumen hukum yang kedudukannya tidak jauh berbeda dengan naskah hukum dalam pengertian hukum positif modern saat ini.
Dengan kata lain, Al-Qur’an dimerosotkan derajatnya hanya menjadi “huruf dan “kanon resmi’, menjadi kitab aturan, atau dalam bahasa Arkoun menjadi “korpus resmi yang tertutup.” Artinya, kanon resmi yang dibaca dan dipahami menurut penafsiran tertentu yang dianggap otoritatif, dan mengabaikan adanya pemahaman dan penafsiran lain yang beragam. Padahal, menurut ketiganya, Al-Qur’an adalah kitab petunjuk, kitab ilham yang membuka peluang banyak penafsiran. Al-Qur’an adalah sumber inspirasi yang membebaskan, sebagai bagian dari ritual sosial, sebagai ilham dalam penciptaan artistik, sebagai elemen yang juga ikut membentuk fantasi dan harapan komunitas muslim di sebuah tempat tertentu, pada waktu tertentu pula.
Menurut Media, apa yang dilakukan JIL tersebut tidak semata mengkritik, melainkan juga ingin mendekonstruksi cara pandang konvensional kaum Muslim terhadap Al-Qur’an. JIL ingin mendekonstruksi bahwa Al-Qur’an bukan segala-galanya bagi kehidupan Muslim. Sejarah dan pengalaman hidup manusia juga memiliki nilai penting untuk membangun hidup yang lebih baik. Kandungan Al-Qur’an juga tidak semuanya bersifat final, permanen, dan universal. Kritik atau dekonstruksi JIL ini tentu saja mendapat reaksi yang sangat keras dari Muslim Indonesia. Sebagian besarnya adalah reaksi berupa amarah yang tidak proporsional.
*. * *
Masa Redup dan Prospek Masa Depan
Memasuki dasawarsa kedua era 2000, komunitas JIL, dan istilah “Islam liberal” tidak populer lagi. Sesekali terdengar nama itu secara sayup-sayup. Mungkin ada faktor kritik keras, serangan, dan fatwa kaum ulama tentang bahaya JIL bagi umat Islam. Tetapi, menurut Moqsith Ghazali, hal itu tidak terlalu signifikan. la mengungkapkan setidaknya ada tiga hal pokok yang sangat signifikan yang membuat JIL semakin lemah. Pertama, JIL kalah cepat merespons isu-isu aktual keislaman dari lembaga lain, seperti NU dan UIN. Kedua, ketiadaan lagi dukungan dana yang memadai untuk kegiatan-kegiatan JIL. Tahun 2001 hingga 2005, JIL didanai oleh The Asia Foundation (TAF). Setelah itu, ada evaluasi dari TAF. Kabarnya, TAF tidak mengurusi lagi soal teologi, dan karena itu para Indonesianis yang menjadi konsultan TAF menganggap tidak perlu lagi kerja sama dengan JIL diteruskan. Indonesia dianggap sudah menjadi negara yang sangat demokratis sehingga lembaga-lembaga donor memindahkan proyeknya ke negara-negara yang penuh konflik, seperti Afghanistan, Pakistan, Mesir, Libya, dan lain-lain.
Ketiga, JIL dan penyebutan “Islam liberal” mendapat kritik dari tokoh-tokoh NU, Muhammadiyah, dan UIN yang dulu menjadi para pendukungnya. Ada beberapa peristiwa kompleks yang bisa dijelaskan. Ketika Islam radikal melakukan aksi terorisme di banyak tempat di Indonesia dan menyedot perhatian publik, maka tokoh-tokoh Muslim moderat dari NU, Muhammadiyah, dan UIN melakukan kritik tajam terhadap radikalisme Islam dan mengampanyekan Islam moderat. Namun, bersamaan dengan mengkritik Islam radikal (ekstrem kanan), mereka juga mengkritik Islam liberal (ekstrem kiri) demi mengampanyekan Islam moderat.
Terkecuali Gus Dur, Cak Nur, Djohan Effendi, dan Dawam Rahardjo, serta beberapa tokoh terkemuka NU dan Muhammadiyah, seperti Hasyim Muzadi, Said Aqiel Siradj, dan Din Syamsuddin kerap mengkritik Islam liberal. Beberapa tokoh UIN yang dulu menjadi kontributor mulai “menjaga jarak” dengan JIL dan isu-isu Islam liberal karena alasan-alasan politis, misalnya karena telah menjadi pejabat tinggi di universitas atau Kemenag RI, atau menginginkan diterima sebagai pejabat tinggi di lembaga Islam lain. Dalam persepsi banyak Muslim Indonesia, di tengah semangat kembalinya Muslim Indonesia kepada Islam moderat, maka Islam liberal dianggap sama bahayanya dengan Islam radikal. Dalam pengertian inilah, para tokoh itu harus menjaga jarak dengan isu-isu Islam liberal.
Begitu pula, dari sisi keilmuan, diskursus yang kerap diusung JIL, seperti hubungan Islam dengan pluralisme, hermeneutika, HAM, dan kesetaraan gender sudah tidak banyak lagi didiskusikan. Kiranya saat ini tema-tema yang dulu diusung JIL sudah tidak relevan. Perubahan dan dinamika pemikiran dan gerakan Islam Indonesia hari ini menyebabkan para pemikir Muslim senior lebih senang mendiskusikan tema-tema yang sedang aktual. Secara umum, topik-topik seputar spiritualitas Islam dan normatif Islam masih menyedot perhatian publik Muslim. Sebaliknya, diskursus tentang Islam progresif dan isu-isu Islam yang lebih akademik-intelektual sudah kurang diberitakan oleh media massa, kurang publikasi, karena itu kurang pula respons dari masyarakat luas.
Momen Pemilu 2004, terlebih lagi pada Pemilu 2009 dan 2014, sebagian besar anak-anak muda Muslim terlibat dalam politik praktis, baik untuk menjadi anggota legislatif maupun menjadi pendukung calon-calon presiden yang akan bertarung. Kini, anak-anak muda itu menjadi pragmatis. Dalam tujuh tahun terakhir, perhatian masyarakat Muslim juga tersedot terutama pada soal-soal sosial dan politik, sesekali terjadi perbincangan keagamaan karena insiden intoleransi. Namun, diskursus Islam intelektual dengan respons yang luas seperti pada masa 1990-an dan awal 2000-an sudah melemah.
Menurut Moqsith Ghazali, JIL dan isu-isu Islam liberal semakin melemah ketika tokoh-tokoh senior Muslim liberal seperti Cak Nur dan Gus Dur meninggal, serta Djohan dan Dawam sakit karena usia tua. Tidak ada generasi pertama setelah mereka yang memiliki akar Islam sosial (pengikut) yang kuat seperti Gus Dur, dan akar Islam institusional seperti Cak Nur. Ringkasnya, figur-figur muda seperti Ulil, Luthfi, Ihsan Ali Fauzi, Saiful Muzani, Moqsith Ghazali, dan lain-lain kurang memiliki wibawa Islam intelektual dan spiritual seperti yang dimiliki tokoh-tokoh senior itu.
Dalam perspektif Media, masa depan gagasan-gagasan Islam liberal di Indonesia sesungguhnya masih terbuka, namun harus dikemas dalam format yang bisa diterima kaum Muslim secara luas. Sesungguhnya, meskipun JIL sudah redup, namun tokoh-tokohnya masih aktif memberikan sumbangan pemikiran bagi Indonesia, baik melalui tulisan-tulisan di media massa maupun dalam ceramah-ceramah yang mereka sampaikan di mana-mana. Sebagian ide-ide besar Islam liberal sesungguhnya senapas dengan ide-ide Muslim moderat yang ada di NU, Muhammadiyah, Paramadina, dan UIN. Pandangan keislaman yang moderat dan liberal juga sejalan dengan nilai-nilai di dalam Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Karena itu, pemerintah juga akan “mendukung” ide-ide progresif mereka. Hanya saja, ide-ide progresif Islam liberal harus muncul dengan nama lain yang simpatik, karena istilah “Islam liberal” bagi sebagian besar Muslim Indonesia sudah terlanjur menjadi hantu yang menakutkan, sama menakutkannya dengan istilah “Islam radikal.”
Bagi Media, JIL adalah sebuah fenomena menarik dalam panggung Islam Indonesia. Meskipun para aktivisnya tidak mengeksplorasi ide-ide orisinal keislaman dan tidak menulis karya-karya akademik yang tebal dan serius, namun mereka punya peran yang cukup penting dalam diskursus Islam intelektual Indonesia. Seperti halnya Gus Dur dan Cak Nur, tokoh- tokoh JIL juga melakukan “pukulan” yang cukup membuat shock kaum Muslim tradisional yang jumud. Peran penting mereka yang lain adalah diseminasi tema-tema keislaman yang dahulu dianggap sangat “elitis”, hanya milik kaum ulama, para mujtahid dan intelektual Islam semata. Topik-topik dahulu yang elitis itu disebarluaskan oleh JIL dan menjadi milik publik Muslim untuk diperdebatkan.
“Islam intelektual yang riuh rendah”, tegas Media, “dengan diskusi dan perdebatan sesungguhnya jauh lebih menguntungkan wajah Islam dan kaum Muslim dibanding Islam normatif yang kaku, sempit, tidak cerdas, dan tidak inspiratif yang kini dirayakan di mana-mana. Disinilah signifikansi peran intelektual JIL dalam memberdayakan masyarakat Muslim.”
Akhirnya, Media memungkasi wacana tentang JIL agar anak-anak muda muslim yang terdidik secara intelektual terus merawat idealisme mereka:
“Akhirul kalam, ide, pikiran dan gagasan sejatinya tak akan pernah mati. la seperti ruh: selalu hidup dalam alam yang abstrak, namun denyut kehidupannya selalu terasa dalam alam yang nyata. Karena itu, jika anak-anak muda Muslim yang terdidik dalam Islam intelektual terus merawat idealisme mereka untuk pembaruan Islam, untuk Islam yang dinamis, dan untuk Indonesia yang modern, dan dengan dukungan pendanaan yang memadai, maka ruh dan gagasan-gagasan besar Islam liberal sesungguhnya tidak pernah mati.”
* * *
Itulah sebagian kecil wacana JIL yang dieksplorasi oleh Media dengan simpatik namun kritis. Tentu saja masih ada gagasan-gagasan besar yang pernah menjadi konsen JIL, seperti Hak Asasi Manusia (HAM), demokrasi, gender, relasi Islam dan kebangsaan, modernisasi, liberalisme, pluralisme, sekularisme, nikah beda agama, dan lain-lain.
Core pemikiran JIL adalah mengusulkan kebebasan berpikir untuk keluar dari selubung pemikiran yang common, rutin, rigid, dan menghilangkan kejumudan. Dengan kebebasan berpikir itu, JIL menghendaki adanya terobosan-terobosan baru yang mencerahkan umat sehingga dapat menghasilkan inovasi, pertumbuhan, dan kemajuan. Sebab tidak mungkin menciptakan inovasi, kemajuan, dan terobosan-terobosan besar dalam berbagai bidang kehidupan, baik sosial, budaya, politik, ekonomi, maupun pemikiran tanpa kebebasan berpikir. Melalui berpikir secara bebas itulah terciptanya pertumbuhan, kemajuan, inovasi, pembaruan, temuan, dan terobosan-terobosan baru sejak era klasik hingga hari ini. Dengan kebebasan berpikir itu pula yang mengantarkan para pembaru menemukan kehebatan dan kebesaran diri mereka: kehebatan dan kebesaran diri mereka benar-benar diakui dunia sepanjang masa.
Barangkali dibutuhkan beberapa ilustrasi berikut ini untuk melihat lebih dekat urgensi kebebasan berpikir yang diusung JIL. Dalam sejarah filsafat Yunani, kita mengenal filsuf tersohor, yaitu Plato. Di antara kehebatan Plato, karena bisa menginspirasi seorang filsuf besar yang menjadi muridnya Aristoteles. Tetapi kebesaran Aristoteles lebih ditentukan oleh Aristoteles sendiri sewaktu dia berani mengeluarkan gagasan-gagasannya sendiri yang berbeda dengan gurunya, malah mengkritik teori dunia idenya Plato. Jika Plato menyuguhkan wacana filosofis yang bercorak transendental, Aristoteles berani menampilkan diskursus filosofis yang bernuansa rasional.
Dalam perkembangan selanjutnya, metode deduksi karya Aristoteles yang begitu diidolakan selama ribuan tahun, tiba-tiba dikritik, dibongkar, dan ditolak oleh oleh Francis Bacon yang mengantarkan dirinya menjadi salah seorang filsuf besar pendobrak di ambang modernitas, selain Nicolo Machiavelli dan Diordano Bruno. Dan kebesaran Baruch de Spinoza menjelma dari penolakannya terhadap etika temporal filsuf besar sebelumnya yang dijuluki Bapak Modern: Rene Descartes.
Jika itu fenomena Yunani dan dunia Barat, mari kita bertamasya ke dunia belahan Timur, dunia tempat lahir dan mekarnya para pemikir-pemikir besar Muslim. Dalam konstelasi ulama sunni, kita mengenal empat macam imam mazhab fikih. Secara kronologis, imam pertama dan kedua, Abu Hanifah dan Malik bin Anas, berguru kepada imam syiah yang keenam sekaligus penggagas fikih Ja’fari, yaitu Imam Ja’far Ash-Shadiq.
Walaupun Abu Hanifah sudah menguasai hampir sebagian besar persoalan-persoalan fikhiyyah, ia tetap berguru kepada Ja’far Ash-Shadiq selama dua tahun. Selama masa belajar tersebut, Abu Hanifah tidak pernah membantah atau mendebat pandangan-pandangan imam Ja’far dan sangat memuliakan gurunya, sampai-sampai keluar statemennya yang terkenal: “Seandainya tidak ada masa dua tahun bersama Ja’far Ash-Shadiq, niscaya celakalah Nu’man” (halaka nu’man). Nu’man adalah nama akrab Abu Hanifah.
Akan tetapi apakah Abu Hanifah hanya taklid kepada Imam Ja’far? Ternyata tidak. Ia membangun mazhab fikih yang berbeda dengan Ja’far Ash-Shadiq: Mazhab Hanafi. Tidak berbeda dengan Abu Hanifah, Malik bin Anas juga sangat menghormati gurunya, sehingga ia berkomentar tentang Ja’far Ash-Shadiq: “Tidak ada seorang pun yang dilihat mata dan didengar telinga, yang lebih utama dari Ja’far Ash-Shadiq dalam hal keutamaannya, ilmunya, ibadahnya, dan wara’nya.”
Namun seperti kita ketahui, katakjuban kepada Imam Ja’far tidak menghalangi Imam Malik mewujudkan otoritas sendiri dalam bidang fikih yang kita kenal dengan mazhab Maliki. Selanjutnya Muhammad Idris al-Syafi’i yang berguru kepada imam Malik. Saat itu Imam Malik telah menjadi orang besar yang sangat disegani, pakar ilmu, dan sudah mengarang kitab Muwatha yang sangat tebal berisi tentang hadis-hadis pilihan dari Nabi Saw.
Dalam sebuah riwayat, ketika imam Syafi’i pertama kali mengunjungi imam Malik untuk mendaftarkan dirinya sebagai murid, Imam Malik mau menerimanya dengan syarat imam Syafi’i harus menghafal terlebih dahulu seluruh isi kitab Muwatha tersebut. Konon, karena begitu ta’dzimnya Imam Syafii terhadap Imam Malik, syarat tersebut disanggupi oleh Imam Syafii dan kitab Muwatha dihafalnya dalam waktu yang relatif cukup singkat.
Akan tetapi lagi-lagi, Imam Syafi’i enggan berada di bawah bayang-bayang kealiman dan kehebatan Imam Malik semata, sehingga ia berkreativitas dengan inisiatif sendiri untuk melahirkan mazhab yang sangat terkenal di tanah air kita: Mazhab Syafi’i. Begitu kreatifnya Imam Syafi’i sehingga ia terkenal juga dengan varian fatwa-fatwanya: qaul qadim (fatwa lama) dan qaul jadid (fatwa baru).
Kemudian datang Ahmad bin Hanbal yang berguru kepada imam Syafi’i. Ahmad bin Hanbal teramat sering mengagungkan Imam Syafi’i, sampai-sampai anaknya heran dan menanyakan alasannya mengapa begitu sering memuji Imam Syafi’i. “Wahai anakku, bagaimana keadaan dunia ini bila tidak ada sinar matahari?”, jawab Imam Hanbal yang justru dibungkus dengan pertanyaan ilustratif pula.
Anaknya menjawab datar, “Tentu saja semesta persada ini akan gelap gulita dan tidak pernah ada yang namanya siang hari.”
“Nah, begitu juga dengan dunia Islam akan berada dalam gelapnya kebodohan seandainya tidak ada matahari ilmu dari Imam Syafi’i”, demikian penjelasan metaforik Imam Ahmad.
Namun seperti para seniornya, Imam Hanbal keluar dari payung keagungan Imam Syafi’i dan mampu menelurkan otoritas tersendiri dalam bagian fikih: mazhab Hanbali. Ketika ia membangun mazhab fikih sendiri, Imam Hanbal menjadi besar dengan kebebasannya berkreasi secara otentik.
Bukan hanya dalam tataran fikih, tapi merambah pula dalam kajian wacana filsafat. Al-Farabi dan Ibn Sina yang sudah menjadi filsuf besar awal dalam sejarah Islam, teori dan konsep-konsepnya dipelajari oleh Ghazali, lalu dikritiknya secara filosofis sehingga mengantarkan Ghazali diperhitungkan pula sebagai seorang filsuf besar di samping sebagai seorang teolog dan sufi. Namun kritik Ghazali disambut dengan kritik pula oleh Ibn Rusyd yang membawa namanya melambung di Eropa dengan sebutan Averroes.
Dalam babak berikutnya, ide Suhrawardi, filsuf besar abad dua belas, ihwal esensi (asholatul mahiyah) lebih fundamental daripada eksistensi (asholatul wujud) dikritik oleh Mulla Shadra dengan konsep sebaliknya bahwa eksistensi lebih fundamental ketimbang esensi. Dengan konsep tersebut, Mulla Shadra menjadi salah seorang filsuf aliran eksistensialis terbesar dalam Islam yang melambungkan pamornya hingga abad kita, era millenium ketiga hari ini.
Begitulah seterusnya. Setiap inovasi, kreativitas, pembaruan, kemajuan, dan terobosan-terobosan baru dalam segala aspek kehidupan, baik dalam bidang pemikiran, budaya, sosial, ekonomi, sejarah, sains, teknologi maupun politik meniscayakan sebuah syarat-salah satu syarat mutlaknya: kebebasan berpikir. Jadi jangan salah paham. Sebenarnya kebebasan berpikir yang diusung oleh JIL bukan kebebasan berpikir yang bersifat negatif-destruktif, melainkan kebebasan berpikir yang bersifat positif-konstruktif yang akan membawa manfaat dengan kemanusiaan secara universal.
Meskipun kebebasan berpikir ini telah digulirkan JIL hampir dua darsa silam, namun tetap tidak kehilangan nilai signifikansinya sampai hari ini. Kita semua tahu bahwa umat Islam Indonesia mayoritas dan menjadi umat terbesar di dunia secara kuantitas. Tapi kita juga tahu umat Islam Indonesia minoritas dalam hal kualitas dan masih sangat kecil perannya, baik dalam skala regional maupun pada level global. Kita masih jauh tertinggal kualitasnya dalam segi ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi dengan bangsa-bangsa lain.
Tentu saja ada banyak faktor yang menyebabkan kita masih menjadi negara miskin dan terbelakang dalam hal ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi. Entah karena faktor budaya, ekonomi, politik, atau kepemimpinan. Tapi salah satu faktor penyebabnya adalah kerena belum tumbuhnya kebebasan berpikir secara independen dan kritis-konstruktif dalam dunia pendidikan kita. Masih banyak lembaga pendidikan yang tugasnya hanya memberi materi-materi semata, bukan mengajarkan metodologi, berpikir yang benar, kreatif-inovatif. Padahal untuk menjadi inovatif, kreatif, dan produktif, anak didik terutama para mahasiswa di perguruan tinggi harus diajarkan untuk terbiasa berpikir secara bebas, thinking out of box. Our university ideally should teaches the students how to think freely and openly, not what to think only.
* * *
Tepat pada titik inilah, kita melihat relevansi kebebasan berpikir yang disuarakan oleh JIL dua dasawarsa yang lalu. Namun sayangnya, prinsip kebebasan berpikir, wacana pembaruan pemikiran, tentang gagasan Islam hidup dan ide-ide pencerahan intelektual yang dulu gegap gempita disurakan JIL di jagad ruang publik Indonesia, kini sudah tidak terdengar suaranya sama sekali. Sebagian aktor-aktor penting JIL, ada yang sibuk dengan kegiatan ormas, ada yang terlibat dalam partai politik praktis, dan ada juga yang sibuk dengan kegiatan masing-masing; namun tidak ada lagi yang menyuarakan kebebasan berpikir, pembaruan pemikiran Islam, dan pencerahan intelektual.
Ulil Abshar sendiri salah seorang pentolan JIL, sekarang lebih banyak mengampu pengajian kitab-kitab Imam Ghazali. Tentu saja ketika mengaji kitab-kitab Imam Ghazali, Ulil menguraikan berbagai macam wacana keilmuan yang mampu membawa pencerahan bagi masyarakat luas. Tapi perlu kita pahami bahwa spirit pencerahan yang ditiupkannya melalui kajian kitab-kitab Imam Ghazali lebih banyak pada aspek pencerahan moral-spiritualnya, bukan spirit pencerahan intelektual, kebebasan berpikir, dan pembaruan pemikirannya.
Walaupun berulangkali Ulil menyatakan bahwa ia masih Ulil yang dulu dan tidak berubah, tapi jelas ia sudah berubah, terutama wacana-wacana yang disuarakannya. Ulil yang sekarang lebih cenderung sebagai seorang kyai-sufistik yang membina moral-spiritual anak-anak bangsa, bukan lagi Ulil sebagai cendekiawan yang selalu gelisah dengan umat Islam yang jumud, rigid, dan radikal, lalu bersuara lantang tentang pembaruan pemikiran Islam, tentang Islam yang hidup, tentang kebebasan berpikir, dan pencerahan nalar.
Bahkan sekarang, kemana-mana Ulil menjadi pembela Imam Ghazali paling gigih. Memang cukup banyak para pengkaji tokoh yang “dikalahkan” oleh sang tokohnya, sehingga tidak mampu lagi bersikap kritis. Ulil jadid jelas sudah berbeda dengan Ulil qodim. Tentu saja tidak ada yang salah dengan hal ini. Hanya saja ide-ide tentang kebebasan berpikir, pembaruan pemikiran Islam, dan pencerahan pemikiran menjadi terhenti gemanya di ruang publik.
Meskipun demikian, mungkin kita bisa memaklumi, sebab ide-ide pencerahan yang digulirkan Ulil dua dasawarsa lalu mendapat banyak tantangan dan penolakan masyarakat luas. Ulil sendiri sangat terancam nyawanya. Tidak sedikit yang hendak melakukan penyerangan secara fisik terhadap dirinya. Bahkan sebagian warga NU, sebuah tradisi tempat Ulil tumbuh berkembang, juga banyak yang menolaknya. Begitu juga, kultur masyarakat kita memang masih sulit menerima wacana, atmosfer dan ide-ide tentang pembaruan pemikiran Islam.
Kendati demikian, saya sependapat dengan Media, bahwa gagasan-gagasan Islam liberal sesungguhnya masih terbuka namun harus dikemas dalam format yang bisa diterima kaum muslim secara luas. Begitu juga kaum intelektual harus selalu merawat idealisme mereka untuk pembaruan Islam.
Namun masalahnya, hari ini sebagian besar akademisi di kampus-kampus PTKIN lebih sibuk dengan urusan-urusan teknis-administratif yang bersifat pragmatis dengan hanya mengejar gelar profesor dan sebagian lagi sibuk rebutan jabatan-jabatan strategis yang ada di masing-masing kampus. Kalau sudah begini, sulit rasanya mengharapkan idealisme dari mereka untuk menyuarakan spirit pembaruan pemikiran dan pencerahan intelektual.
Barangkali kelak, spirit pembaruan pemikiran dan pencerahan intelektual itu akan disuarakan kembali oleh kaum intelektual muda dari luar kampus, namun memiliki akar pendidikan pesantren dan kampus yang established. Semoga…
PS. Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh siapapun yang tertarik dengan wacana perjumpaan antara Islam ideologis dan Islam kultural.
Sumber Ilustrasi: Divapress-online.com
Making use of the sex doll is not as taboo as it was as soon as.
There is a multi-billion dollar industry about the distribution and creation of
sophisticated and not-so-sophisticated sex dolls.
The term, Actual Doll offers turn out to be broadly recognized and part of the mainstream vocabulary as fresh materials and technologies make the difficult, probable.
While males can nevertheless fully enjoy regular strike up intercourse dolls, today
we find very much even more detailed and technologically
exceptional models all the period. Metal Guy, consume
your heart out.
A lot of people get off and find pleasure in naked bodies than with clothing
or lingerie. Another element is vulnerability-a naked woman seems embarrassment and humiliation in a foreplay and that is why it will be searched for.
When somebody is normally naked, they experience exposed and susceptible, nude sex thinks even more personal
than clothed one. Vulnerability will be a main convert on specifically for a lot of guys
because they feel the feeling of dominance during sex.
a lot of nude porn focus on transmission. Nude porn is quite normal and you can observe the genre attached to a entire number of additional classes, so you will not find
it tough to locate your story of curiosity when eating this
porn. Some of these are bondage porn, Asian adult,
and lesbian porn. Since intercourse will be intended to end up being
a sacred ritual, viewing a naked female get fucked will be a good fap
materials for a lot of males. Viewing a person naked is like knowing
their techniques and seeing them defenseless for some, this
is the cause why nude adult is definitely a popular
genre among all viewers.|Exhibitionist men and women go out there for the ultimate seeing experience.
They established their cameras up and appreciate the look at from
across the water. Many have got become therefore into this action that they will often strategy
young couples who are usually sunbathing to make a photo shoot.
Most voyeurs are usually men, however the sexual nature of the seaside offers produced some ladies
who also seek out the beaches for the same factors.
They would like to participate in the work of intercourse which is another type of voyeurism.
In inclusion to being transformed on by viewing males
and women, some females who spend time at the nude beach may furthermore fantasize about the
males getting intercourse with the women.
Certain black moms may hold an smart conversation during the time but they may
be scantily dressed as they set off to the club. Ebony moms
are usually significantly appealing. They have wonderful and glowing epidermis because of the dark tone of pores and skin they don’t possess to tension over sun tanning.
Even though they have that machine-gun mouth area that
fires their children with scolding and preaching they also have kissable lip area that invite men to take a strong kiss.
No need for make-ups, just kiss and tell you’ll going to fall in love under their black miraculous
spell.hd porn sexy Also
at the age of fifty, they are still beautiful. With their ageless elegance,
they look young always. Furthermore even how many children do they
possess, their boobs are firm and tender still. When women turn out
to be parents, they don’t stop being individual;
they don’t turn into robots. Period nevertheless marches and
so their sexual needs. But when you wish them on bed don’t think about sex just, believe about romance.
So, viewing them on adult does not create you horny
but also create your arousal harder than ever.
Picture eating your trusted black chocolate brand name, you’ll be pleased in every bite!
doxycycline 100 mg tablet
buy stromectol pills
buy prednisolone 5mg without prescription uk
zyban 150
pharmaceutical online
prednisolone prednisone
sildenafil 50 mg tablet coupon
zoloft rx
online pharmacy delivery
canadian family pharmacy
propecia 1mg buy online
zovirax cream 10g
how to get zoloft without a prescription
hydroxychloroquine 70 mg
wellbutrin 75mg daily
discount pharmacy mexico
amoxicillin 500mg capsules uk
zyban over the counter uk
ivermectin 3mg
modafinil pills for sale
propecia 1
prednisolone buy
amoxicillin 320 mg
amoxil capsule 250mg
prescription drugs online canada
zoloft in south africa
canadapharmacy24h
secure medical online pharmacy
gabapentin 600 mg tablet price
prozac 50 mg pill
gabapentin 25 mg tablets
prednisolone drug
lasix tabs
zovirax 200mg
flomax price
ivermectin 1%
finasteride 5mg generic
buy propecia over the counter
cephalexin pharmacy
prescription price for neurontin
price of clomid in australia
accutane generic over the counter
happy family stores in canada
generic combivent prices
average cost of cialis for daily use
suprax cost
buy ciprofloxacin 500mg uk
price of accutane without insurance
buy cheap prednisone online
how to get propecia cheap
modafinil 50 mg tablet
valtrex daily cost
buy cephalexin online uk
zovirax drug
vermox tab 100 mg
buy viagra soft tabs online
buy fincar online
suprax 400 price
20 mg lipitor price
nolvadex cheap online
lipitor 80 mg cost
zoloft 25 mg capsule
cheap valtrex
canadian pharmacies that deliver to the us
budesonide capsules
order dexamethasone online
erectafil 5
cheap tadalafil online
buy strattera online
kamagra oral gel uk
prozac tablet
order amoxicillin
plaquenil for arthritis
price of colchicine in india
best online pet pharmacy
prescription meds without the prescription
1200 mg motrin
where can i buy generic viagra online safely
canadian pharmacy no prescription needed
most reputable canadian pharmacy
fildena 120mg
buy ventolin australia
furosemide 12.5 mg without prescription
tizanidine 4 mg price
tetracycline no prescription
propecia prescription uk
trazodone 125 mg
buy antabuse 250 mg
over the counter clonidine
can you buy terramycin over the counter
buy cheap tadacip
zestoretic 20-25 mg
baclofen online no prescription
usa online pharmacy
doxycycline over the counter australia
zestoretic 20-25 mg
buy synthroid online no prescription
robaxin 500 mg coupon
ventolin price in india
provigil otc
ventolin prescription online
retino gel
clomid rx price
furosemide 80 mg
indomethacin indocin
citalopram for sleep
citalopram 20mg cost
buy accutane online 30mg
effexor canadian pharmacy
reputable mexican pharmacies
lasix 60
robaxin 500mg cost
cheap malegra
avodart no prescription
where to purchase over the counter diflucan pill
100 mg accutane
dapoxetine without prescription
allopurinol 100
generic accutane cost
lasix 200 mg
order vermox
dapoxetine tablets for sale
retino 0.025 gel
allopurinol 300 mg price uk
motilium purchase online
pharmacy no prescription required
northern pharmacy canada
accutane mexico
prednisone 20mg tablets price
how much is acyclovir cream
accutane uk cost
online pharmacies canada reviews
synthroid 100 mcg tablet
furosemide 160 mg
hydroxychloroquine 40 mg
advair diskus coupon
accutane
tretinoin 0.1 cream canada
robaxin canada otc
600 mg zoloft
cheapest pharmacy to fill prescriptions without insurance
zovirax over the counter cream
nolvadex for sale nz
azithromycin buy online india
vermox mexico
where to buy cipro
generic valtrex price comparison
finasteride 1mg coupon
buy metformin online
lyrica medication cost
Good post. I learn somеthing tktally new and challenging on sites I stuumbleupon every day.
It will always be exciting to гead ⅽontent from other authors annd ᥙsе somethiing fгom theiг
websites.
Feel free tо surf to my website … porn
buy tadalafil 5mg
amoxicillin tablets over the counter
acticin online
finasteride in india
It’s actually a great and useful piece of info.
I’m happy that you shared this useful information with us.
Please stay us informed like this. Thank you for sharing.
suhagra 150 mg
Einige der größten Namen der Erwachsenen- und absoluten Pornolegenden sind hier zu
finden, zusammen via exhibitionistischen Amateuren, lebenslustigen heißen Frauen und betrügerischen Müttern und noch viel mehrXXX SEXFOTOS.
Sobald selbige die Kinder zur Schule geschickt haben, sind diese süßen, sexverrückten Mamas total
bereit zum Spielen!
ordering diflucan without a prescription
where can i buy clomid online safely
order generic cialis from canada
rogaine propecia
synthroid 150 mg coupon
robaxin mexico
propecia 1mg generic
fildena 200
propecia canadian pharmacy
vardenafil discount
can you buy azithromycin over the counter canada
can i buy glucophage online
top online pharmacy 247
propranolol 20
fildena for sale
propecia 2014
accutane 30 mg
retin a gel from mexico
synthroid 88
baclofen pills
generic lisinopril
wellbutrin xl 300
prozac prescription
clonidine hcl 0.3 mg tablets
diflucan 400 mg
gabapentin cream where to buy
buy citalopram online canada
lyrica canada
buying viagra in canada safely
colchicine discount coupon
where can i buy toradol
colchicine no prescription
order amoxicillin canada
atarax 50 mg tablet price
trusted online pharmacy
zoloft 150
diflucan
buy combivent
vermox tablet price in india
oral ivermectin cost
zithromax 500mg online
order levitra from canada
how can i get diflucan over the counter
budesonide 0.5 mg
clonidine 0.1mg tab purepac
where can i get gabapentin
azithromycin 500 mg coupon
budesonide brand name australia
buy ventolin uk
clonidine for blood pressure
lisinopril pill 40 mg
where to buy levitra online no prescription
synthroid tab 150mcg
bactrim 160 800 mg tablets
drug gabapentin 300 mg
paroxetine 40 mg price
buy lasixonline
prices bactrim
cheapest pharmacy for prescriptions
prozac canada price
real cialis online pharmacy
vermox tablet india
online pharmacy
baclofen brand name in india
doxycycline 100mg capsules buy
levitra low cost
gabapentin medication
generic prozac online
hydroxychloroquine buy uk
clonidine hcl 2mg
buy furesimide online
no prescription prednisone
propecia 1mg tablets price in india
buy accutane in india
tadalafil 20mg canada
ampicillin amoxicillin
stromectol uk buy
prednisolone 2.5 mg tablets
can i buy ventolin over the counter uk
buy propranolol online
trazodone 250 mg cost
paroxetine 7.5 mg generic
colchicine 06 mg
buy albuterol inhaler
accutane 20 mg price uk
where can i get vermox over the counter
price of vermox south africa
trazodone 250 mg
diflucan buy
amoxicillin nz
propecia online singapore
vermox prescription
doxycycline acne
diflucan over counter
can i buy ventolin over the counter australia
generic for doxycycline
zoloft medication
augmentin 800 mg
trazodone 50mg capsules
vermox drug
desyrel 150 mg
canadian pharmacy coupon code
3 mg clonidine
azithromycin online purchase
diflucan generic
clonidine for adhd in adults
augmentin generic
clomid buy online india
1 retin a
cost of budesonide capsules
buy propecia in canada
drug vardenafil pills
clonidine online uk
baclofen online no prescription
ordering viagra from india
how to buy silagra online in usa
fildena buy
doxycycline 100mg cost australia
prescription gabapentin 300mg capsules
buy tretinoin online uk
neurontin 300 mg pill
silagra online
buy zoloft online no rx
zithromax 500 mg cheap
topical ivermectin cost
cheap trazodone
can i buy doxycycline in india
propecia cheap
purchase lexapro
wellbutrin sr 150 mg
amoxicillin 500 mg
gabapentin brand name in india
accutane singapore cost
generic cialis without prescription
where can i buy tretinoin over the counter
no rx avana
propecia medicine in india
colchicine 1mg
clonidine over the counter uk
where to get clomid in singapore
tretinoin cream prescription online
phenergan 25 mg
buy tadalafil pills
suhagra 25 mg price
diflucan buy in usa
propranolol 20 mg tablet brand name
amoxil price south africa
cheapest propecia online
pill clonidine
viagra soft tabs 50mg
how much is azithromycin
buy amoxicillin uk
levitra online australia
Hello, this weekend is good in favor of me, since this occasion i am reading
this great informative post here at my home.
buy zoloft usa
propranolol 40 mg
can you buy generic propecia online
amoxicillin 500 coupon
gabapentin 100mg cost
stromectol south africa
clomid medication
colchicine 0.5 mg brand name
phenergan drug
gabapentin gel
can i buy synthroid over the counter
baclofen cost 10mg
lexapro 20 mg tablet
dapoxetine tablets in india
cheap plaquenil
buy accutane usa
levitra soft tab
buy cheap lasix without prescription
vardenafil brand
doxycycline capsule 100mg price
augmentin price india
vermox 200mg
viagra over the counter mexico
clonidine brand
sildenafil 25 mg mexico
levitra 20 mg cheap
finasteride 5g
finasteride 5mg price
robaxin 500 mg price
lyrica without rx
drug azithromycin 500 mg
fluoxetine 10mg coupon
108 mcg albuterol
diflucan coupon canada
Yes! Finally someone writes about cialis.
generic combivent
accutane 2018
fluoxetine for sale
levitra 20 mg cheap
amoxicillin tablets canada
propranolol cost canada
amoxicillin 650 mg price
order amoxicillin no prescription
buy dapoxetine usa
buy robaxin australia
clomid 50mg price
trazodone tablets
ivermectin stromectol
buy gabapentin usa
citalopram 10mg
ivermectin 200mg
levitra pill price
order zoloft online without prescription
propecia online nz
neurontin 600 mg price
buy clonidine online
silagra
bactrim ds 800 160 tab
lisinopril price comparison
budesonide price in india
lisinopril brand
xenical 120mg buy
levitra 5mg tablets
budesonide canadian pharmacy
plaquenil for ra
augmentin prescription cost
buy cialis online fast delivery
hydroxychloroquine plaquenil 200 mg tablet
silagra tablets
cost of amoxicillin prescription
price of augmentin in south africa
tadalafil generic uk
gabapentin cheapest price
cheap trazodone
clonidine 1.0
cost of zoloft rx
buy generic bactrim online
prednisone for dogs without rx
prednisolone tablets 25mg australia
finasteride 5 mg
Hi friends, fastidious piece of writing and nice urging commented here, I am actually enjoying by
these.
metformin 1000 mg no prescription
best generic propecia
buy desyrel online
generic cost of zoloft
gabapentin for sale online
silagra soft
where can you get diflucan over the counter
buy augmentin uk
clonidine 0.1 price
accutane cost
propecia australia price
ivermectin 10 ml
ivermectin 50 mg
trazodone online prescription
clonidine for children
can i buy dapoxetine over the counter
diflucan without prescription
fildena cost
how much is cialis for daily use
propecia tablets uk
buy prozac from india
buy suhagra 100mg online
canadian pharmacy prices
budesonide capsules price
allopurinol 100mg uk
quineprox 750
drug neurontin 200 mg
fildena 200
synthroid pills for sale
real cialis online pharmacy
clonidine gel
levitra drugstore
propecia how to buy
toradol back pain
xenical online nz
fildena 200mg
diflucan otc canada
levitra online for sale
where to buy allopurinol
augmentin 500 tablet
buy colchicine 0.6 mg uk
paxil 20
inderal tablets 10mg
robaxin
clonidine 0.1 mg tablet
finasteride price in india
cost of baclofen
baclofen 10 mg no prescription
zoloft generic 50mg
buy clomid paypal
baclofen over the counter uk
buy vardenafil tablets
diflucan 125mg
generic accutane
augmentin tablets 500mg
how can i get diflucan over the counter
clonidine 01mg
phenergan otc australia
discount pharmacy
vardenafil online india
medication lyrica 50 mg
40 mg levitra generic
buy clonidine 0.2
zoloft 50mg tabs
best propecia prices
lisinopril 200 mg
citalopram 20 mg for anxiety
lyrica 50 mg price
rx robaxin
xenical 120 mg buy online india
buy accutane online canada pharmacy
diflucan us
can you buy orlistat over the counter
doxycycline online cheap
amoxicillin 250mg buy
baclofen cream 60 mg
buy clomid online usa
silagra pills
buy vermox over the counter
albuterol online
clonidine for blood pressure
gabapentin 300mg cost
where can i buy propecia in australia
robaxin 750 tablets
buy diflucan without a prescription
can you buy doxycycline over the counter usa
can you buy toradol over the counter
colchicine for acute gout
inderal cost
vermox buy
lasix online
levitra 5mg price
propecia buy usa
diflucan price in india
propranolol la
finpecia online pharmacy
buy augmentin 875 mg online
retin a retinol
diflucan australia over the counter
amoxicillin 10 mg
can i purchase doxycycline over the counter
bactrim 250 mg
generic viagra price comparison
clonidine medicine
retin a over the counter canada
accutane 40 mg
sildenafil 100mg canadian pharmacy
where can i get xenical
bactrim canadian pharmacy
clomid nz prescription
cheap ventolin uk
buy cheap accutane uk
can i buy lisinopril over the counter
where can i get amoxicillin 500
price of prednisone tablets
how to order doxycycline
buy augmentin without prescription
diflucan prescription online
buy vermox uk
lisinopril hct
where to buy cheap allopurinol
order lasix without a prescription
trazodone online
buy cheap prednisolone
how to order amoxicillin
levitra tablet india
accutane 120 mg
purchase viagra india
levitra canada cost
Een beetje ervaring gaat een lange weg, en deze ervaren XXX sterren zullen het allemaal doen.
Hier vindt u enkele van de grootste namen in de volwassen industrie, evenals enkele sexy amateur POV rollenspel video ‘ s.
Selecteer gewoon de video die u wenst uit de weergegeven miniaturen en u belandt op de individuele videoweergavepagina met alle weergave-en navigatieopties die u nodig hebt.
Je kunt video ‘s in de categorie stiefmoeder
op verschillende nuttige manieren filteren – nieuwe video’ s, populaire
video ‘ s, enz. Je kunt de ervaring zelfs aanpassen door het aantal bronnen te beperken. Dit
is de beste manier om te genieten van gratis Stiefmoeder porno, allemaal op één plek.
Kom vaak terug, want er zijn altijd nieuwe hete moeders om van te genieten. Voetbal moeders, sexy zakelijke MILFs, grote tit trofee
vrouwen en meer zijn allemaal hier. Bekijk deze XXX sterren nemen een aantal grote porno
dick van sexy studs en amateurs gelijk. Elke clip opent een nieuwe wereld van mogelijkheden en gaten! Er zijn ook grote Tit
MILF, stiefzoon en Cougar porno categorieën. Help jij deze stiefmoeders zich thuis te
voelen? Maak je pik nat voordat je je klusjes doet,
en bladwijzer de pagina voor wanneer je terug bent voor meer.
Verander het en krijg de sexy inhoud voor volwassenen die
je echt wilt, de manier waarop je het wilt.
Das bisschen Erfahrung reicht weit, und diese erfahrenen XXX-Stars werden alles tun. Hier finden Jene einige der größten Namen der Erotikbranche wie auch einige sexy Amateur-POV-Rollenspielvideos.
Wählen Sie einfach dies gewünschte Video aus den angezeigten Miniaturansichten aus und Sie landen auf
der individuellen Videowiedergabeseite mit allen Ansichts- und Navigationsoptionen, die Sie benötigen. Sie können Videos in der Bereich Stiefmutter-Sex auf verschiedene nützliche Arten filtern – neue Videos, beliebte Videos usw.
Sie bringen das Erlebnis sogar anpassen, indem Sie welche Anzahl der Quellen begrenzen. Dies ist dieser beste Weg, um
kostenlose Stiefmutter-Pornos an dem Ort zu genießen. Schau oft vorbei, umgekehrt es gibt immer
neue heiße Mütter zu genießen. Fußballmütter, sexy Business-MILFs, Trophäenfrauen mit großen Titten und
mehr sind alle hier. Sieh zu, wie diese XXX-Stars einen großen Pornoschwanz von sexy Hengsten und Amateuren gleichermaßen nehmen.
Jeder Clip eröffnet eine neue Welt voller Möglichkeiten und Löcher!
Es gibt auch MILF-, Stiefsohn- und Puma-Pornokategorien mit großen Titten. Wirst
du diesen Stiefmüttern helfen, sich wie zu Hause zu fühlen? Mach
deinen Schwanz nass, bevor du deine Hausarbeiten erledigst,
und setze ein Lesezeichen auf die Seite, wenn
du zurück bist, um mehr zu erfahren. Ändere es und hol dir die sexy Inhalte für Erwachsene, die du wirklich willst, so wie
du es willst.
neurontin 204
effexor 187.5
Le peu d’expérience va un long chemin, et ces stars XXX expérimentées
feront tout. Là vous pouvez trouver certains des
plus plus agés noms de l’industrie pour adultes, ainsi que des vidéos de jeu de rôle POV amateur
sexy. Sélectionnez simplement la vidéo que vous
souhaitez dans les vignettes affichées & vous arriverez sur la page de lecture vidéo individuelle avec toutes les options d’affichage et de navigation dont vous aurez
la nécessité. Vous pouvez filtrer les vidéos de une catégorie Sexe de
la belle – vieille de différentes manières utiles-nouvelles vidéos,
vidéos populaires, etc. Vous pouvez même personnaliser l’expérience en limitant le nombre de sources.
C’est la meilleure façon de profiter du porno gratuit de belle-mère, le tout
au même endroit. Revenez souvent, car il y a toujours de nouvelles mamans chaudes à apprécier.
Un ensemble de mamans footballeuses, des MILF d’affaires
sexy, un ensemble de épouses trophées aux gros seins et à vocation plus
encore sont toutes là. Regardez ces chance XXX prendre une grosse bite porno d’étalons sexy et d’amateurs.
Chaque clip ouvre le nouveau monde de possibilités et de
déchirures! Il y an aussi des catégories Pornographique MILF, Beau-Fils et Cougar aux gros seins.
Aiderez-vous ces belles-mères à se sentir comme chez elles?
Mouillez votre bite avant du faire vos tâches ménagères et
ajoutez cette page à vos favoris lorsque vous reviendrez pour en savoir plus.
Changez – le et obtenez le contenu sexy pour adultes que vous voulez vraiment, comme vous ce souhaitez.
ivermectin 500ml
Un po ‘ di esperienza va un lungo cammino, e questi esperti XXX stelle farà
tutto. Qui puoi trovare alcuni dei più grandi nomi dell’industria per adulti, così come alcuni video di
ruolo POV amatoriale sexy. Basta selezionare il video desiderato dalle miniature visualizzate
e atterrerai sulla pagina di riproduzione video individuale con tutte le opzioni vittoria visualizzazione e navigazione di cui avrai bisogno.
Puoi filtrare i video nella categoria Sesso matrigna in una serie di modi utili: nuovi video, video popolari, ecc.
È perfino possibile personalizzare l’esperienza limitando il numero successo fonti.
Questo è il modo migliore per godersi il porno matrigna gratuito, tutto osservando
la un unico posto. Controlla spesso, perché ci sono sempre nuove
mamme calde da godere. Soccer Moms, sexy business MILFs, big tit trofeo
mogli e più sono tutti qui. Guarda queste stelle XXX prendere un grosso cazzo
porno da borchie sexy e dilettanti. Ogni clip apre un nuovo mondo successo possibilità e
buchi! C’è anche Big Tit MILF, figliastro, e Cougar categorie porno.
Aiuterai queste matrigne a sentirsi a casa? Accaparrarsi il vostro
cazzo bagnato prima di fare le faccende, e segnalibro la pagina per quando sei
tornato per più. Cambiare in su e ottenere il contenuto per adulti sexy si vuole veramente,
il modo osservando la cui si desidera.
generic retin a in mexico
propranolol 60 mg tablet
order accutane online usa
buy levitra online prescription
Un poco de experiencia ayuda mucho, y estas experimentadas estrellas XXX
lo harán todo. Aquí puedes encontrar algunos de los nombres más importantes de
la industria para adultos, así como algunos videos sexys de juegos de rol POV
amateur. Simplemente seleccione el video que
desee de las miniaturas que se muestran y accederá a la página
de reproducción de video individual con todas las opciones de visualización y navegación que
necesitará. Puede filtrar videos en la categoría
de sexo Madrastra de varias maneras útiles: videos nuevos, videos populares, etc.
Incluso puede personalizar la experiencia limitando el número
de fuentes. Esta es la mejor manera de disfrutar del porno
gratuito de Madrastras, todo en un solo lugar.
Vuelva a consultar con frecuencia, porque siempre hay
nuevas mamás calientes para disfrutar. Mamás de fútbol, MILFs sexys de negocios,
esposas trofeo de tetas grandes y más están aquí. Mira a estas estrellas XXX recibir una gran polla porno de
sementales sexys y aficionados por igual.
¡Cada clip abre un nuevo mundo de posibilidades y agujeros!
También hay categorías porno de MILF de Tetas Grandes, Hijastro y Puma.
¿Ayudarás a estas madrastras a sentirse como en casa?
Moje su polla antes de hacer sus tareas domésticas y marque la página para cuando regrese por más.
Cámbialo y obtén el contenido sexy para adultos que realmente deseas, de la manera que lo
deseas.
buy inderal uk
canadian family pharmacy
paroxetine 20 mg tablet
albuterol 108 mcg
clonidine over the counter uk
where to buy sildenafil online
amoxicillin 875 mg pills
where to buy tretinoin cream
atarax for dogs
discount pharmacy
cialis 5mg no prescription
ivermectin 1
drug clonidine
lowest price for synthroid
lisinopril 25
amoxicillin 250 capsule
celexa online without prescription
buy synthroid no prescription
fildena 100 mg price
buy propecia india
order bactrim online
silagra 100mg
accutane online canada pharmacy
viagra canada purchase
where can i buy dapoxetine in india
paroxetine 20mg
stromectol 3 mg price
doxycycline pills
inderal 40 mg tablet
albuterol australia
augmentin 375mg
buy amoxicillin 500mg usa
fildena 50 mg
buy metformin usa
online synthroid prescription
can you buy zoloft online
clonidine 0.1 mg oral tablets
allopurinol singapore
paroxetine medication
how can i get zoloft
tretinoin 0.025 gel price
budesonide prescription
paxil delayed ejaculation
clonidine buy online canada
augmentin uk prescription
baclofen online uk
diflucan tablet cost
clonidine tablets uk
doxycycline 150 mg tablets
synthroid 75 mcg tablet
viagra drugstore
doxycycline order online
1600 mg gabapentin
online fluoxetine
where to buy clomid in australia
buy doxycycline 500mg
can i buy lasix over the counter
augmentin 1000 mg tablets
trazodone 200 mg tablets
allopurinol 500 mg
generic augmentin 875 mg
augmentin 500 mg cost
amoxicillin 500mg price australia
stromectol tablets
price for amoxicillin 875 mg
atarax australia
diflucan otc australia
phenergan 25 mg over the counter
zoloft 100mg price in india
deltasone 10 mg tablets
cheap levitra canada
accutane pills buy
buy silagra online in india
tretinoin 0.1 cream canada
buy trazodone online uk
buy clonidine 0.2 no prescription
purchase gabapentin
vermox 100mg price
cheap deltasone
purchase clomid online canada
buy doxycycline pills online
zestril medicine
augmentin 875 generic price
18000mg zoloft
buy vermox online nz
where to buy generic propecia
buy vermox online
buy brand name zoloft online
albuterol prescription coupon
finasteride canada pharmacy
colchicine prescription
online pharmacy no prescription
clonidine 1 mg
effexor 37.5
vermox 500
azithromycin over the counter in us
buy dapoxetine cheap
Amazing blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
I’m hoping to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.
Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for a paid
option? There are so many choices out there that I’m completely overwhelmed ..
Any recommendations? Thank you!
This indicates the area in the tooth have to be made bigger so there’s area for the extra bulk.
propecia 1.5 pills
dapoxetine australia online
buy generic propecia online canada
propecia pills for sale
fildena 200mg
fluoxetine 20mg
tretinoin capsule
doxycycline cost australia
cost of accutane in canada
accutane prescription
prednisolone gel
how to get doxycycline
azithromycin 250 price in india
where can i buy vermox medication online
price for generic cialis
atarax 10mg cost
propecia buy online cheap
desyrel 50 mg for sleep
best price for levitra 20 mg
viagra 2018
lioresal pill
tadalista soft 40
vardenafil online canada
canadianpharmacy com
propecia online canada pharmacy
buy accutane 5mg
accutane over the counter canada
can i buy viagra online in canada
prednisolone 25
clonidine for hot flashes
trimox without prescription
rx doxycycline
robaxin uk
silagra 50 mg tablet
northern pharmacy
atarax 500mg
zithromax 250 mg price
over the counter synthroid
zoloft 200 mg daily
buy accutane cheap online
phenergan over the counter canada
accutane tablets buy online
azithromycin price
canada drugstore pharmacy rx
vermox buy online uk
cialis canada fast shipping
cheapest zoloft online
effexor 250 mg
accutane india cost
cost for generic albuterol
order ventolin online uk
clonidine 100 mg
bupropion cost uk
where to get diflucan without a prescription
citalopram hbr 20
propranolol 100 mg
generic zoloft 25 mg
best online foreign pharmacies
cheap silagra
trazodone 15 mg
lisinopril 10 mg coupon
how much is trazodone 100 mg
rx pharmacy online 24
generic propecia 2019
lisinopril medication generic
amoxil amoxicillin
metformin buy australia
where to buy accutane online
where to buy cialis otc
augmentin online buy
buy diflucan no prescription
accutane india pharmacy
zoloft prices
finasteride 5mg nz
levitra canada online
buy levitra singapore
phenergan otc usa
buy phenergan 25mg uk
purchase baclofen
amoxicillin 500mg tablet cost
doxycycline 3142
baclofen 20 mg online
augmentin xr 1000 mg
40 mg lexapro daily
zoloft cost canada
trazodone
amoxicillin over the counter in canada
neurontin online
pharmacy prices
cialis 10 mg online
how to buy tretinoin
order levitra online in usa
can i buy clonidine over the counter
furosemide canada
hydroxychloroquine 400 mg
tretinoin 0.025 cream generic
stromectol drug
generic finasteride online
medicine furosemide 40 mg
lisinopril 20 mg coupon
vardenafil generic from canada
prednisone 30
can you order retin a from india
best prices for synthroid
generic for diflucan
buy generic accutane
augmentin 875 125 mg
cost of ivermectin lotion
lisinopril 3760
synthroid for sale online
doxycycline online canada without prescription
levitra online paypal
amoxicillin 500mg capsules price uk
phenergan 25 mg without prescription
brand synthroid cost
augmentin 750 mg tablet
diflucan 150 mg buy online
furosemide brand name in india
toradol migraine
sildenafil 10 mg price
colchicine medicine india
0.05 mg synthroid
vermox 100mg price
methylprednisolone
doxycycline monohydrate
propranolol 1mg
budesonide price canada
buy combivent
accutane 10mg price
buy amoxicillin online us pharmacy
generic synthroid online
how much is prednisone cost
albuterol online
buy amoxicillin over the counter us
generic citalopram 20 mg
vardenafil 40 mg india
celexa over the counter
albuterol cost online purchase
ivermectin 0.08
lyrica 50 mg tablets
citalopram tablets
amoxicillin 10mg
buy lisinopril without prescription
drug doxycycline
prozac canada cost
49 mg accutane
metformin er 1000 mg
cheap generic propecia online
order paxil online
how to buy propecia
buy lexapro online india
40 mg levitra
no prescription cialis canada
doxycycline price usa
online shopping pharmacy india
sildenafil pills 50 mg
accutane pills for sale
amoxicillin 500mg price in usa
clonidine cost
order doxycycline online canada
lisinopril 20mg
over the counter propecia
silagra 50 mg india