Membongkar Selubung Argumen Borjuistik: Evolusi, Emosi, dan Eksploitasi

Pak Borjo kehilangan kata-kata. Dia tidak menyangka bahwa argumen borjuistiknya tentang “kodrat” dan “evolusi” seketika luruh di hadapan logika sederhana Ibu Siti

Bayangkan, suatu hari, di sebuah desa yang damai, seorang tetua bernama Pak Borjo duduk berceramah di hadapan warganya, sambil memegang tongkat dengan kepala mammoth sebagai hiasan. Di situ, dia berkata dengan percaya diri, “Perempuan itu lebih baik di rumah saja! Kalau tidak, evolusi bisa marah!”

Mendengar itu, Ibu Siti, seorang pekerja desa yang cerdas, mendongak sambil tersenyum sinis. Dia mendekat dan dengan bijak menjawab, “Pak Borjo, kalau benar perempuan itu harus diam di rumah, kenapa evolusi juga memberi kami otak untuk berpikir dan semangat untuk bekerja? Bukankah otak ini juga produk evolusi?”

Pak Borjo tersedak, tetapi dia masih punya jurus lainnya. Dia segera berujar, “Tapi… tapi perempuan punya hormon oksitosin tinggi! Itu membuat kalian cocoknya merawat anak di rumah, bukan bekerja di ladang atau berdagang di pasar!”

Ibu Siti tertawa kecil. “Pak Borjo,” katanya, “jika oksitosin menentukan nasib kami, mungkin kita semua bisa saja duduk di rumah berpelukan, menunggu ladang dan pasar mengisi perut kita. Tetapi kenyataan tidak sesederhana itu, bukan? Hormon hanya memengaruhi perasaan, tetapi hidup mengajarkan kami untuk bertarung!”

Ketika para warga tertawa bersama Ibu Siti, Pak Borjo terdesak ke sudut argumennya sendiri, tetapi dia masih berusaha. Dia segera memetik analogi sejarah dari “masa purba”. “Lihatlah nenek moyang kita. Lelaki berburu, perempuan menjaga rumah. Begitulah kita selayaknya hidup, seperti mereka, seperti dulu.”

Namun, Ibu Siti menukas, “Tetapi Pak Borjo, kita bukan manusia purba lagi. Dunia berubah, ada pekerjaan, ada pabrik, ada ladang, ada desa. Semua ini berbeda dengan dunia manusia yang dahulu. Jikapun di masa lalu perempuan mengurus rumah, itu karena kehidupan menuntut demikian—karena pilihan terbatas, bukan karena evolusi takdir kita!”

“Selain itu, Pak Borjo salah!” lanjut Ibu Siti, “Kaum perempuan tidak mengurus urusan domestik (Pak Borjo mengistilahkannya kerja rumah tangga) secara terpisah dari kepentingan kolektif seperti yang ditulis-tulis oleh ilmuwan-ilmuwan palsu borjuistik. Pak Borjo saya rekomendasikan membaca juga karya Engels, Evelyn Reed, Alexandra Kollontai, Gordon Childe, dan lain-lain. Tidak hanya terkungkung dalam teori-teori borjuistik yang tendensinya mempertahankan penindasan terhadap kaum perempuan dalam struktur masyarakat kelas.”

Para warga menyahut, “Benar, benar!”
Pak Borjo kehilangan kata-kata. Dia tidak menyangka bahwa argumen borjuistiknya tentang “kodrat” dan “evolusi” seketika luruh di hadapan logika sederhana Ibu Siti dan akal sehat para warga. Lelaki atau perempuan, mereka semua memiliki hak untuk bekerja, untuk hidup, dan untuk berjuang bersama-sama, tanpa terkekang oleh ‘kodrat’ yang hanya dibuat-buat untuk kepentingan para penindas.

Pak Borjo kita tersebut menggunakan trik khas ideologi borjuis untuk mengukuhkan subordinasi perempuan: “kodrat evolusi” yang didistorsi. Dengan mengisolasi dan mempersempit sejarah evolusi manusia hingga satu periode yang teramat kecil, argumen ini seakan mengabaikan kenyataan bahwa sejarah manusia sendiri adalah sejarah perubahan. Evolusi manusia adalah perjalanan panjang adaptasi, bukan pembenaran untuk sekadar membagi kerja rumah dan publik secara absolut.

Selain itu, retorika “evolusi” ini sering diangkat dengan tujuan yang licik: mempertahankan pembagian kerja secara borjuis, sehingga perempuan tetap terkungkung dalam peran domestik, sehingga tenaga kerja perempuan tetap dapat diperas tanpa keluar dari jangkauan borjuis. Dengan perkataan lain, argumen ini bukan sekadar soal “kodrat biologis”, tetapi soal pengendalian ideologis terhadap perempuan, yang diarahkan untuk menjaga status quo dan mencegah mereka berpartisipasi penuh dalam kerja produksi dan sosial-politik.

Cerita dan kritik ini mengingatkan kita bahwa argumen “kodrat” ini hanyalah belenggu ideologi borjuis yang perlu kita patahkan demi kebebasan dan persamaan sejati!

Mari, kita lanjutkan cerita ini dengan kisah Ibu Siti dan Pak Borjo.

PAK BORJO DAN ARGUMEN BEBAN GANDA

Setelah perdebatan soal “kodrat evolusi,” Pak Borjo tampaknya belum menyerah. Dia menarik napas panjang, merapikan jubahnya, dan bersiap melontarkan argumen lain yang menurutnya sangat cerdas.

“Saya paham, Bu Siti, kalau perempuan ingin bekerja juga. Tapi coba kita pikirkan argumen ini dengan lebih jernih! Misalnya, nih, dalam suatu keluarga, siapa yang pulang lebih dulu dari kerja belum tentu selalu perempuan, bukan?” katanya, tersenyum lebar seakan telah memenangkan pertarungan. “Bisa jadi malah si suami yang pulang lebih dulu. Kalau begitu, suamilah yang harus mengurus rumah dan menghadapi beban ganda, bukan istri!”

Para warga terdiam, merenungi ucapan Pak Borjo. Namun, Ibu Siti tidak tinggal diam. Dengan tawa kecil, dia melipat tangan, lalu bertanya dengan nada jenaka, “Pak Borjo, apakah mungkin Bapak pernah mencuci piring atau menyapu rumah setelah pulang dari bekerja?”

Pak Borjo terdiam, tersedak lagi, tetapi dengan cepat menjawab, “Ya… ya… tidak. Tetapi kan, logikanya, kalau pria pulang lebih dulu, dia harusnya ikut membantu…”

Ibu Siti tertawa, dan warga lainnya ikut tergelak. “Itu hanya sekadar omong kosong, Pak Borjo! Dalam kenyataan, apakah kita sering melihat lelaki melakukan tugas-tugas rumah tangga ketika pulang lebih awal? Sebaliknya, justru perempuan yang sepanjang hari bekerja di rumah, kemudian keluar bekerja di ladang, dan kembali pulang untuk melanjutkan kerja-kerja rumah tangga yang tiada habisnya.”

Pak Borjo kebingungan. “Tapi kan beban ganda bisa saja dialami lelaki juga!” jawabnya, terdengar putus asa.

Ibu Siti menjelaskan, “Pak Borjo, beban ganda yang kami maksud itu soal bagaimana perempuan, meski bekerja di luar rumah, tetap dibebani tanggung jawab utama dalam rumah tangga tanpa ada pembagian adil dalam tugas domestik. Ini bukan soal siapa pulang lebih dulu atau soal omong kosong semata. Beban ini berlipat, karena perempuan diharapkan tetap mengurus keluarga dan rumah, seolah pekerjaannya di luar tidak dianggap penting atau serius.”

Para warga mulai memahami. Mereka melihat jelas, bahwa argumen “siapa pulang lebih dulu” hanyalah akal-akalan untuk mengaburkan masalah struktural beban ganda pada perempuan. Pak Borjo terdiam, menyadari kekeliruan logikanya yang hanya sekadar retorika kosong.

Argumen Pak Borjo tentang “siapa yang pulang lebih dulu” merupakan taktik klasik ideologi borjuis untuk mengaburkan kenyataan sosial yang dialami kaum perempuan dalam rumah tangga borjuis. Di sini, argumennya mencoba membingkai beban ganda sebagai masalah yang semata-mata terkait “waktu pulang,” sehingga menutupi kenyataan sebenarnya: bahwa perempuan sering kali dibebani peran domestik secara struktural, baik mereka bekerja di luar maupun tidak.

Dalam perspektif Marxis, konsep beban ganda yang dialami perempuan bukanlah sekadar soal “kebetulan,” tetapi produk langsung dari sistem kapitalis dan pembagian kerja borjuis dalam rumah tangga. Pembagian kerja secara seksis—yang didorong untuk kepentingan kapitalisme—mempertahankan perempuan di dalam lingkup pekerjaan domestik walaupun mereka telah bekerja di luar rumah. Dengan perkataan lain, kapitalisme justru menambah beban kerja perempuan agar bisa memperoleh surplus lebih banyak dari tenaga kerja mereka.

Argumen borjuis yang “netral” seperti “siapa yang pulang lebih dulu” ini hanya memutar-balikkan kenyataan, mencoba mengaburkan bentuk penindasan struktural dengan contoh individual atau anekdotal. Kapitalisme butuh perempuan untuk tetap bekerja di dalam rumah karena di sanalah tenaga kerja baru direproduksi: anak-anak, anggota keluarga yang tetap sehat, dan tenaga kerja yang segar. Pada saat yang sama, sistem kapitalis juga ingin perempuan masuk ke dunia kerja untuk menambah surplus tenaga kerja.

Jadi, beban ganda bukan sekadar soal siapa yang lebih dulu pulang atau siapa yang mengerjakan tugas tertentu, melainkan persoalan kelas dan penindasan struktural, di situ perempuan dibebani dua kali: bekerja di ranah publik untuk kapitalisme dan di ranah domestik untuk keluarga.

Dengan begitu, narasi borjuis seperti yang diutarakan Pak Borjo hanya memperpanjang dominasi kapitalisme terhadap perempuan dan memperpanjang belenggu mereka dalam rantai seksisme. Oleh sebab itu, hanya dalam perjuangan untuk masyarakat tanpa kelas dan tanpa penindasan genderlah, beban ganda ini bisa dihapuskan!

Mari, kita lanjutkan kisah Ibu Siti yang menghadapi argumen borjuis tentang “utopisnya” ide dapur kolektif, disertai kritik pedas dan telak!

PAK BORJO DAN ‘UTOPISNYA’ DAPUR KOLEKTIF

Setelah kalah telak di dua argumen sebelumnya, Pak Borjo kembali mencoba. Kali ini, dia mengambil posisi lebih strategis dan berusaha tampak lebih bijak. Dengan suara yang dibuat setenang mungkin, dia berkata, “Ibu Siti, dapur kolektif untuk rakyat itu utopis! Bahkan di negara komunis seperti Kuba saja, tidak ada dapur umum untuk semua orang. Kenapa demikian? Karena manusia walaupun mereka adalah makhluk sosial, mereka juga makhluk yang egoistik!”

Mendengar argumen ini, Ibu Siti tersenyum tipis, seolah telah menduga ini akan keluar dari mulut Pak Borjo.

“Pak Borjo, kenapa Bapak langsung menyebut ide dapur kolektif sebagai utopis hanya karena saat ini belum diterapkan di mana-mana?” tanya Ibu Siti dengan tenang. “Apakah segala sesuatu yang belum kita lakukan berarti mustahil? Apakah hanya karena sistem kapitalisme dan imperialisme menindas negara-negara sosialis selama bertahun-tahun, maka artinya gagasan dapur kolektif tidak bisa terwujud?”

Pak Borjo, yang merasa terdesak, cepat-cepat menambahkan, “Tapi Ibu Siti, bahkan di Tiongkok saja, para elitenya tidak mau membagikan kekayaannya pada proletar. Ini bukti bahwa manusia pada dasarnya egoistik!”

Ibu Siti kembali tertawa, lebih keras kali ini. “Pak Borjo,” katanya, “itu bukan bukti manusia egoistik; itu bukti bahwa birokrasi dan kapitalisme masih menyusup di banyak negara sosialis. Mereka yang mengaku sosialisme tetapi hidup bergelimang harta bukanlah representasi dari rakyat pekerja atau cita-cita komunis. Itu hanya menunjukkan betapa kuatnya ideologi borjuis merasuki negara yang mencoba membangun sosialisme!”

Pak Borjo tampak semakin cemas. Namun, Ibu Siti tidak berhenti. Dia menambahkan, “… dan soal biologi dan neurosains yang Bapak sebutkan, saya setuju, manusia adalah makhluk biologis. Tetapi tidak semua perilaku manusia dijelaskan oleh naluri primata saja! Justru, sejarah manusia menunjukkan kemampuan kita untuk bekerja sama, berempati, dan menciptakan sistem kolektif. Kita membangun peradaban bukan dengan mengutamakan ego pribadi, tetapi dengan saling membantu, bukan?”

Para warga mulai bertepuk tangan, menyadari bahwa apa yang disampaikan Ibu Siti adalah kebenaran: bahwa kebersamaan dan gotong-royong, bukan egoisme, yang mendasari kekuatan rakyat. Pak Borjo terpojok dan hanya bisa terdiam, tahu bahwa argumen borjuisnya telah dihancurkan sekali lagi.

Argumen Pak Borjo yang menganggap dapur kolektif “utopis” sebenarnya adalah cara klasik borjuis untuk mengaburkan potensi kolektif dalam kehidupan rakyat. Mereka berusaha membuat kesan seolah setiap bentuk organisasi kolektif hanya impian belaka—padahal kenyataannya, kapitalisme sendirilah yang membuat infrastruktur kolektif, seperti dapur umum atau layanan publik gratis, sulit diwujudkan. Dapur kolektif bukanlah utopia; dapur kolektif adalah bentuk konkret dari pembagian sumber daya, yang dapat terwujud jika kelas borjuis, yang menguasai harta dan alat produksi, tidak lagi menjadi penguasa atas segala keputusan ekonomi.

Selain itu, alasan yang diangkat Pak Borjo soal “manusia egoistik” adalah argumen yang bersifat reduktif dan anti-historis. Ini adalah trik khas ideologi borjuis, yang membatasi analisis kemanusiaan pada naluri biologis semata, seolah-olah manusia tidak punya sejarah perjuangan sosial dan budaya kolektif. Memang benar, manusia memiliki unsur egoistik. Tetapi, mereka juga makhluk sosial yang mampu menciptakan norma, budaya gotong-royong, dan kerja kolektif—nilai yang justru menjadi kekuatan kelas pekerja di seluruh dunia.

Bahkan dalam masyarakat kapitalis sendiri, borjuasi tidak akan bertahan tanpa kolektivitas proletariat. Para pekerja di pabrik, di ladang, dan di kantor-kantor besar adalah tenaga kolektif yang menghasilkan kekayaan, bukan karena mereka “egoistik,” melainkan karena kolektivitas mereka dijadikan sumber surplus bagi borjuis. Oleh karena itu, argumen “egoistik” hanyalah kedok borjuis yang melanggengkan sistem yang memang menguntungkan mereka, dan menggunakan alasan biologis sebagai pembenaran moral untuk menutupi keserakahan mereka.

Terakhir, hujatan mengenai “manusia adalah primata” yang digunakan Pak Borjo adalah bentuk penghinaan terhadap daya pencapaian dan revolusi sosial yang dilakukan proletariat selama sejarah peradaban. Menyamakan manusia modern dengan naluri primitif untuk mengabaikan potensi kolektif rakyat bukanlah analisis ilmiah, tetapi penghinaan terhadap perjuangan kelas yang sudah lama terbukti. Pandangan ini jelas bertentangan dengan realitas materialisme historis, yang melihat manusia sebagai agen perubahan sosial yang selalu bertransformasi berdasarkan kondisi ekonomi dan sosial mereka.

Kesimpulannya, dapur kolektif bukanlah utopia; itu adalah wujud dari perjuangan proletar menuju masyarakat. Melalui perjuangan kelas, sumber daya bersama dimiliki dan dikelola secara adil. Egoisme borjuis yang berusaha menyamakan manusia dengan hewan primitif hanyalah omong kosong yang menutupi kenyataan bahwa kaum proletar memiliki kekuatan kolektif untuk merebut alat produksi dan menciptakan dunia baru. “Kalian memiliki satu dunia untuk dimenangkan,” begitu kata Marx dan Engels di dalam karya mereka: Manifesto Partai Komunis.”

Pak Borjo, yang semakin bingung setelah dihantam bertubi-tubi oleh argumen Ibu Siti, kembali membuka mulut dengan wajah mencoba tampak bijak. Kali ini, dia berkata, “Ah, dapur kolektif itu seperti membicarakan surga. Indah didengar, asyik untuk dibayangkan, tapi sulit, kalau tidak mustahil, untuk dibuktikan!”

Ibu Siti hanya tersenyum, tahu bahwa argumen Pak Borjo sudah mulai ngelantur. Namun Pak Borjo, yang merasa masih punya daya, melanjutkan, “Tidak usah jauh-jauh bicara soal dapur kolektif atau berbagi segalanya. Lha wong, kita ini, kalau mau berbagi sedikit saja masih susah. Biasakan saja memberi dahulu. Kalau masih sering mengharap pemberian orang lain, tidak usah muluk-muluk bicara kolektivitas dulu!”

Para warga yang mendengar mulai saling pandang, lalu tertawa kecil. Mereka melihat betapa ngawurnya logika Pak Borjo. Ibu Siti pun mendekat, menepuk bahu Pak Borjo dengan lembut, dan menjawab dengan nada menenangkan, “Pak Borjo, apa Bapak berpikir bahwa perjuangan kolektif itu semata soal ‘pemberian’ atau ‘mengharap pemberian’? Dapur kolektif, atau pembagian sumber daya secara adil, bukan soal mengemis atau menunggu belas kasihan. Ini soal hak kita, yang sudah dirampas oleh sistem kapitalis!”

Pak Borjo, yang semakin kehilangan arah, mencoba menjawab, “Tapi… ya kan, manusia itu cenderung egois…,” tetapi kata-katanya langsung dipotong oleh Ibu Siti. “Pak Borjo, kami ini hidup dan bekerja bersama, bukan saling berharap pemberian dari orang lain. Kerja kolektif itu artinya kita semua saling bekerja sama. Kita bekerja untuk kebaikan bersama, bukan untuk menunggu pemberian atau belas kasihan seperti yang Bapak sebutkan tadi.”

Para warga menyahut dengan antusias, “Benar, benar, Ibu Siti!”

Dengan sedikit kesal, Pak Borjo mengangguk pelan, tampak semakin kikuk. Tapi dia masih mencoba bertahan. “Tapi, Ibu Siti…,” katanya terbata-bata, “dapur kolektif itu terlalu idealis… terlalu sulit untuk diterapkan…”

Namun kali ini, seorang pemuda desa yang dikenal sebagai Mas Tarjo maju dan ikut berbicara. “Pak Borjo, selama kita berpikir bahwa kerja kolektif atau kerja sama hanya sekadar ‘idealisme’ atau ‘surga’, ya selamanya begitu saja. Sejarah perubahan terjadi karena ada yang berani berpikir lebih maju, dan terlibat dalam perjuangan kelas, bukan takut-takut dengan hal yang baru.”

Pak Borjo kini benar-benar bungkam, tidak tahu harus menjawab apa lagi. Sadar bahwa argumennya yang semakin ngawur justru mempermalukan dirinya sendiri, dia terdiam dan menunduk, menyadari kekeliruannya.

Para warga tertawa ringan, tapi tawa itu bukan untuk menghina, melainkan tanda bahwa mereka mulai sadar—bahwa gagasan Ibu Siti tentang kolektivitas bukanlah mimpi, melainkan masa depan yang perlu diperjuangkan. Di tengah suara gemuruh tepuk tangan warga, Ibu Siti berkata, “Ingat, kamerad-kameradku, kita tidak meminta kemurahan hati borjuis. Kita berjuang untuk hak kita. Hanya dalam kebersamaan, kita dapat mengubah nasib kita.”

Para warga pun bersorak dengan semangat baru, sedangkan Pak Borjo berdiri di sudut, tertunduk dengan perasaan malu dan kalah, tetapi dengan pikirannya yang masih digerayangi sains biologis borjuis, tanpa menyadari ajaran Marxis pun juga berbasis pada sains ilmiah–sosialisme ilmiah. Dia lupa atau tidak tahu ada Alan Woods dan Ted Grant yang menulis buku berjudul “Reason in Revolt”.

Seketika itu, Pak Borjo, yang merasa argumennya sudah mentok, mencoba trik terakhir: argumen ngawur yang lebih cocok untuk acara lawak. Dengan gaya serius, dia mengeluarkan kalimat yang tidak disangka-sangka, “Saya kira para kiai saja yang menolak teori evolusi, ternyata rohaniawan Marxian juga menolaknya!”

Sontak, para warga mengerutkan kening. Mereka saling pandang, antara bingung dan geli, seperti sedang menonton badut yang salah panggung. Ibu Siti hanya tersenyum tipis, menanti ke mana arah “logika” Pak Borjo yang sudah melenceng entah ke mana.

Belum selesai, Pak Borjo melanjutkan, “Biasanya tokoh agama menerima sains kalau sesuai dengan khayalannya saja! Kalau tidak, langsung dibilang bid’ah, sesat, layak dibakar. Tapi kalau cocok, langsung bilang itu sesuai dengan dogma agama mereka!”

Para warga mulai tertawa cekikikan, tapi bukan karena kagum pada kejeniusan Pak Borjo. Sebaliknya, mereka mulai menyadari betapa ngawurnya sang “tetua desa” ini.

Ibu Siti mendekati Pak Borjo, dan dengan suara menenangkan, dia berkata, “Pak Borjo, kami bicara tentang dapur kolektif, keadilan perempuan, beban ganda—semua tentang kondisi sosial-ekonomi di desa ini. Kita bahkan tidak sedang membahas dogma agama atau teori evolusi. Di mana sebenarnya benang merah argumen Bapak?”

Pak Borjo, yang kini merasa tersudut, malah semakin bersemangat mencari jalan keluar. “Tapi… tapi sains itu bukan agama! Sains bisa dikritik, tidak seperti agama!” teriaknya sambil memegang tongkatnya lebih erat, seolah-olah tongkat itu adalah satu-satunya penopang argumennya yang sudah hampir tumbang.

Para warga sudah tidak bisa menahan tawa lagi. Salah satu warga berteriak, “Pak Borjo, ini kan soal dapur kolektif, bukan soal sains atau agama!”

Pak Borjo mulai kebingungan, tapi tetap gigih mempertahankan “logika” yang hanya dia sendiri yang paham. Dengan suara lebih lirih tapi penuh semangat, dia berkata, “Dapur kolektif itu seperti membicarakan surga. Indah didengar, asyik dibayangkan, tapi sulit—bahkan kalau tidak mungkin—untuk dibuktikan! Biasa saja dulu; biasakan memberi dulu, kalau masih mengharap pemberian orang lain, tidak usah muluk-muluk!” katanya dengan nada bangga, seolah kalimatnya barusan adalah pencerahan hidup bagi seluruh warga desa, padahal hanya kalimat basi yang dia ulangi.

Warga pun semakin tergelak, ada yang sampai terbatuk-batuk saking lucunya. Bahkan Pak Borjo sendiri mulai tampak sedikit canggung, seolah sadar bahwa dia telah meracau.

Namun, Ibu Siti tidak membiarkan kesempatan ini berlalu begitu saja. Sambil tersenyum lebar, dia berkata, “Jadi, Pak Borjo, menurut Bapak kita tidak perlu dapur kolektif karena kita harus terbiasa memberi dulu, ya? Lalu, bagaimana kalau kita buat dapur kolektif sebagai tempat saling memberi, saling berbagi, agar semua kenyang bersama-sama? Bapak pun bisa ikut memasak, kita bisa beri nama dapur kolektif ini ‘Dapur Pak Borjo!’ Bapak mau masak apa, telur ceplok atau mie instan bareng Pak Sobirin ?”

Seluruh warga bersorak. Mereka berseru, “Dapur Pak Borjo! Dapur Pak Borjo!” sambil tertawa puas.

Merasa semakin bingung dan malu, Pak Borjo hanya bisa tersenyum kecut. Argumennya yang berliku-liku, mulai dari agama, sains, hingga teori evolusi, semuanya runtuh di hadapan logika sederhana: kerja kolektif untuk kebaikan bersama, dan pembebasan kaum perempuan dari belenggu penindasan!

Dengan wajah pucat, Pak Borjo berkata pelan, “Baiklah, baiklah, mungkin kita bisa coba dapur kolektif… asalkan jangan pakai namaku, ya…”

Warga bersorak lebih keras lagi, dan Ibu Siti hanya tersenyum, puas. Di tengah gelak tawa warga desa, perjuangan kecil melawan argumen borjuistik berhasil dimenangkan, dan Pak Borjo pulang dengan pelajaran yang (semoga) tidak akan pernah dilupakannya: di hadapan rakyat yang paham, semua omong kosong borjuistik tidak ada artinya!

Yogyakarta, Minggu 10 November 2024

Ilustrasi: rawpixel.com

213 Comments on “Membongkar Selubung Argumen Borjuistik: Evolusi, Emosi, dan Eksploitasi”

  1. Музыка для сна малышей колыбельные-песни.рф

    Советуем Вам и Вашему ребёнку углубиться в мир гармонии, расслабления и сладких снов вместе с нашими музыкальными композициями. На онлайн портале колыбельные-песни.рф выложены самые великолепные колыбельные, которые только существуют. Переходите на сайт и окунайтесь в эту чудесную обстановку.

    По вопросу [url=https://xn—-9sbmabsiicuddu3a5lep.xn--p1ai/]колыбельная для малышей музыка[/url] Вы на верном маршруте. Колыбельные — это первичная музыка, которую услышит Ваш малыш, поэтому она должна быть спокойная и расслабляющая, чтобы сон был самым крепким. А после сна, чтобы просыпание было активным и полным сил.

    Мы собрали широкий ассортимент колыбельных: от старинных до современных, из мультфильмов, классическая музыка, конкретно для девочки, мужским голосом, колыбельные разных народов мира, по виду музыкального инструмента и многие другие. Также посетите наш топ 10 самых лучших колыбельных, которые любят наши крошечные посетители и их мамы и папы.

    Чтобы найти, где [url=https://xn—-9sbmabsiicuddu3a5lep.xn--p1ai/]слушать колыбельные песни[/url] переходите на представленный сайт колыбельные-песни.рф уже сегодня. Мы часто дополняем новые композиции на сайт, обновляя плей листы. Также попробуйте прослушать звуки природы, православные колыбельные, только голоса без музыки и наоборот. И, естественно, самый хит – “Баю-баюшки-баю, актуальная и любимая композиция всех мам и их детишек.

  2. This is exactly the comprehensive breakdown I needed. Your expertise shines through in every paragraph. Thanks for sharing such well-researched content.

  3. Your blog is a true hidden gem on the internet. Your thoughtful analysis and engaging writing style set you apart from the crowd. Keep up the excellent work!

  4. По поиску колыбельная спят усталые игрушки Вы на правильном маршруте. Колыбельные — это стартовая музыка, которую слышит Ваш малыш, поэтому она должна быть непринужденная и расслабляющая, чтобы сон был самым крепким. А после окончания сна, чтобы пробуждение было энергичным и озорным.

  5. Bwer Company is a top supplier of weighbridge truck scales in Iraq, providing a complete range of solutions for accurate vehicle load measurement. Their services cover every aspect of truck scales, from truck scale installation and maintenance to calibration and repair. Bwer Company offers commercial truck scales, industrial truck scales, and axle weighbridge systems, tailored to meet the demands of heavy-duty applications. Bwer Company’s electronic truck scales and digital truck scales incorporate advanced technology, ensuring precise and reliable measurements. Their heavy-duty truck scales are engineered for rugged environments, making them suitable for industries such as logistics, agriculture, and construction. Whether you’re looking for truck scales for sale, rental, or lease, Bwer Company provides flexible options to match your needs, including truck scale parts, accessories, and software for enhanced performance. As trusted truck scale manufacturers, Bwer Company offers certified truck scale calibration services, ensuring compliance with industry standards. Their services include truck scale inspection, certification, and repair services, supporting the long-term reliability of your truck scale systems. With a team of experts, Bwer Company ensures seamless truck scale installation and maintenance, keeping your operations running smoothly. For more information on truck scale prices, installation costs, or to learn about their range of weighbridge truck scales and other products, visit Bwer Company’s website at bwerpipes.com.

  6. [url=https://mellanin.ru/categories/plyazhnaya-odezhda]женские купальники quiksilver купить[/url] – купальники roxy цена, леопардовый купальник купить

  7. [url=https://mellanin.ru/categories/plyazhnaya-odezhda]купальник бандо купить москва[/url] – купальники olgak купить, монокини купальник купить

  8. Bwer Company is a top supplier of weighbridge truck scales in Iraq, providing a complete range of solutions for accurate vehicle load measurement. Their services cover every aspect of truck scales, from truck scale installation and maintenance to calibration and repair. Bwer Company offers commercial truck scales, industrial truck scales, and axle weighbridge systems, tailored to meet the demands of heavy-duty applications. Bwer Company’s electronic truck scales and digital truck scales incorporate advanced technology, ensuring precise and reliable measurements. Their heavy-duty truck scales are engineered for rugged environments, making them suitable for industries such as logistics, agriculture, and construction. Whether you’re looking for truck scales for sale, rental, or lease, Bwer Company provides flexible options to match your needs, including truck scale parts, accessories, and software for enhanced performance. As trusted truck scale manufacturers, Bwer Company offers certified truck scale calibration services, ensuring compliance with industry standards. Their services include truck scale inspection, certification, and repair services, supporting the long-term reliability of your truck scale systems. With a team of experts, Bwer Company ensures seamless truck scale installation and maintenance, keeping your operations running smoothly. For more information on truck scale prices, installation costs, or to learn about their range of weighbridge truck scales and other products, visit Bwer Company’s website at bwerpipes.com.

  9. [url=https://mellanin.ru/categories/plyazhnaya-odezhda]купальник утягивающий живот и бока купить[/url] – купальники rodasoleil купить, нижнее белье магазин

  10. Sushi Holl доставка sushi-holl.ru

    Самые аппетитные суши и роллы привезем быстрее всех. Паназиатская кухня пришла к нам в Россию не так давно, но уж очень сильно пришлась по душе нашим людям. Переходите на сайт sushi-holl.ru и выбирайте любимые роллы с доставкой по Иркутску прямо сегодня.

    По теме [url=https://sushi-holl.ru/]купить роллы в иркутске[/url] переходите на указанный онлайн ресурс. У нас осуществляют работу профессиональные повара, которые прекрасно справляются с суши, роллами, Wok, детским меню и другим. Меню вполне разнообразно, что всякий сможет подобрать блюдо по душе.

    Заказать доставку вкусной и свежей еды на дом можно по номеру телефона 8(3952)482-182 или заполнив заявку на сайте. Если второй вариант для вас комфортнее, то переходите в наш каталог на сайте sushi-holl.ru и перемещайте необходимые блюда в корзину. После, переходите в корзину и перепроверьте состав заказа. Просим обратить внимание, что имбирь и васаби не входят в заказ, непременно прибавьте их прямо в корзине. Далее нужно перейти к оформлению заказа, где нужно написать имя, телефон, Ваш адрес, количество человек и необходимую дату и время прихода курьера. После нужно выбрать удобный способ оплаты: наличными при получении, по карте или оплата на сайте и всё. Ожидайте свой заказ в установленное время.

    Если Вы искали [url=https://sushi-holl.ru/catalog/wok]лапша вок иркутск[/url] в интернете, то вы попали в точную цель. Здесь самые свежие и вкусные суши по самым приемлемым ценам в городе. Мы находимся по адресу: г. Иркутск, ул. Пискунова, д. 146. График работы с 10:00 до 22:05. Приезжайте, звоните, оформляйте заказ и приятного аппетита, наш дорогой посетитель!

  11. [url=https://3-mir.pw/]зеленый мир онион[/url] – где взять ссылку зеленый мир, zmir зеленый мир сайт

  12. Советы профессионалов в области имен для детей, для принятия грамотного решения.
    Подобрать имя для девочки по отчеству и фамилии [url=http://www.child-name.ru]http://www.child-name.ru[/url] .

  13. BWER leads the way in weighbridge technology in Iraq, delivering customized weighing solutions that are accurate, efficient, and ideal for heavy-duty use in any environment.

  14. BWER delivers robust, precision-engineered weighbridges to businesses across Iraq, combining state-of-the-art technology with local expertise to support infrastructure and logistics growth.

  15. Когда речь заходит о покере, интуиции уже недостаточно. Успех требует глубокого анализа и четкой стратегии. Покерный помощник создан для тех, кто стремится к совершенству. Этот инструмент предлагает не только аналитическую поддержку, но и обучающие функции, которые позволяют укрепить навыки и избежать ошибок. Покерный помощник — ваш надежный союзник за столом, который помогает принимать правильные решения и двигаться к победе.

  16. [url=https://lk-mango-off1ce.ru]Манго Офис услуги для колл-центра[/url] – Манго Офис услуги для колл-центра, Mango-Office система автоответа

  17. [url=https://bs1site.at/]blacksprut актуальные[/url] – блэкспрут онион, как зайти на сайт blacksprut

  18. Опытные специалисты ждут вас в Москве, где вы получите отличный сервис по доступной цене.
    Автосервисы в москве и московской области https://crabcar.ru .

  19. Покер — это не просто игра, это целый мир с собственными законами, стратегиями и тайнами. Чтобы не потеряться в этом сложном пространстве, воспользуйтесь покерным гидом. Он станет вашим проводником в хитросплетениях покерных стратегий и поможет разобраться с тонкостями игры. Независимо от вашего уровня подготовки, покерный гид поможет двигаться от первых шагов до профессиональных высот. Начните свое путешествие и почувствуйте уверенность за игровым столом!

  20. Современные игроки в покер ценят точность и скорость. Покерный подсказчик — это инновационное решение для анализа и оптимизации ваших ходов. С его помощью вы сможете сосредоточиться на игре, не отвлекаясь на сложные расчеты. Подсказчик предлагает практичные рекомендации, основанные на текущей ситуации за столом, что значительно повышает ваши шансы на успех.

  21. Если вы сомневаетесь в выборе, специалисты [url=https://mikro-zaim-online.ru/]mikro-zaim-online.ru[/url] готовы помочь. Мы предлагаем не только займы, доступные даже при плохой кредитной истории, но и честные отзывы о МФО. Убедитесь, что выбор может быть простым и надежным.

  22. Современные вызовы требуют смелых решений. [url=https://eco-sistem.com/product/]Инсинераторы для твердых бытовых отходов[/url] от компании «ЭКОСИСТЕМЫ» помогают бороться с мусорными проблемами эффективно и экологично. Представьте, что каждая тонна отходов превращается в безопасный пепел, минимизируя вред окружающей среде. Это реальность с нашими инсинераторами. Узнайте, как ваше предприятие может внести вклад в сохранение экологии, выбрав надежные технологии.

  23. Обеспечьте безопасную переработку биоотходов с [url=https://eco-sistem.com/product/dlya-biologicheskikh-otkhodov/]крематор для утилизации отходов цена[/url]. Это надежное оборудование справляется с задачами уничтожения отходов любых типов, включая биологические и органические материалы. Крематор легко адаптируется к потребностям вашего предприятия, минимизируя вредное воздействие на окружающую среду. Узнайте подробности и выберите подходящую модель для своих нужд.

  24. Интересует [url=https://eco-sistem.com/product/]инсинератор стоимость[/url]? Узнайте на нашем сайте! Мы предлагаем лучшее оборудование для утилизации отходов по разумным ценам. Инсинераторы подходят для медицинских, промышленных и бытовых нужд. Заказывайте прямо сейчас и получите надежное решение для переработки мусора.

  25. Для переработки отходов на предприятиях любого типа оптимальным выбором станет [url=https://eco-sistem.com/]утилизатор отходов[/url]. Это универсальное устройство справляется с биологическими, промышленными и медицинскими материалами. Оно помогает сократить объем мусора, исключая риски для экологии. Компактные размеры, высокая производительность и соответствие современным стандартам делают утилизатор полезным инструментом для бизнеса, стремящегося к устойчивому развитию.

  26. Для частных домовладений предлагаем снегоплавильная для частного дома. Устройства разработаны с учетом потребностей небольших территорий и обеспечивают высокую производительность при компактных размерах. Такие установки легко устанавливаются, требуют минимального ухода и позволяют сократить расходы на уборку снега. Это отличный вариант для тех, кто хочет поддерживать чистоту и порядок на своей территории в зимний период.

  27. Купить снегоплавильную установку цена — это вопрос, который зависит от многих факторов, включая мощность оборудования, его размеры и дополнительные функции. На сайте компании можно найти варианты для разных целей: от компактных моделей для частного использования до крупных промышленных установок. Цена также может включать монтаж и обслуживание. Такие инвестиции позволяют снизить расходы на вывоз снега и упростить процессы утилизации осадков, что особенно важно в условиях плотной городской застройки.

  28. КапКат – продвинутый инструмент для монтажа видео для создателей контента в TikTok и Instagram! Больше информации о приложении доступно по ссылке [url=https://aggam.xyz/]https://aggam.xyz/[/url] и на страницах их соцсетей.
    В приложении доступны богатая библиотека музыки и звуковых эффектов с точной синхронизацией, множество фильтры и визуальные эффекты, гибкие настройки текста с большим выбором шрифтов. Можно управлять скоростью видео для создания впечатляющих таймлапсов и настраивать размеры под разные соцсети.
    Для установки в Украине владельцам iPhone нужно сменить регион на Австралию в настройках Apple ID. Пользователям Android достаточно загрузить APK с надежного источника.
    При работе необходимо регулярно сберегать проект, стартовать с базовой обрезки видео и не перегружать эффектами. Не забывайте проверять обновления приложения для доступа к новым функциям.
    Программа дает все необходимые инструменты для создания профессионального видеоконтента, но помните – главное это баланс между техническим совершенством и вашей креативностью!

    Буду рад помочь по вопросам скачать capcut на андроид полная версия – пишите в Телеграм vgz93

  29. Вы когда-нибудь задумывались, снегоплавильная установка зачем вообще нужна? Она позволяет не только быстро избавляться от снежных завалов, но и экономить на вывозе осадков. Снегоплавильные установки помогают сохранить чистоту и порядок даже в условиях интенсивных снегопадов.

  30. Мобильная снегоплавильная установка цена варьируется в зависимости от модели и комплектации. Такие установки предназначены для оперативной утилизации снега на различных объектах. Их легко перемещать, что делает их универсальными для использования на парковках, строительных площадках и других территориях. Мобильные установки компактны, экономичны и не требуют сложного обслуживания. Они работают на газе или дизеле, обеспечивая быстрый нагрев и плавление снега. Стоимость таких устройств полностью оправдана их функциональностью и долговечностью.

  31. [url=https://lfc.sa/kraken_onion.html]кракен вход ссылка[/url] – кракен сайт, кракен сайт тор ссылка

  32. [url=https://lfc.sa/kraken_onion.html]kraken ссылка тор[/url] – кракен вход ссылка, рабочая ссылка на кракен

  33. [url=https://omgomgonion.com/]omg omg официальная ссылка +на тор браузер[/url] – omg официальный сайт, ссылка на омгу

  34. Современные [url=https://con-belt.by/]конвейерные ленты[/url] незаменимы в производственных процессах. Наш интернет-магазин представляет широкий выбор долговечных изделий.

  35. Если вам срочно нужны деньги, выбирайте [url=https://mikro-zaim-online.ru/zaim-bez-otkaza-na-kartu/]взять микрозайм на карту без отказа онлайн[/url] из нашей подборки МФО. Здесь вас ждут только быстрые решения без проверки кредитной истории. Просто заполните заявку, укажите карту, и получите средства уже через несколько минут. Ваши финансы – в ваших руках!

  36. Hairy pussies pictures galleries with au naturel strigou pussy ladies that don’t near squeak crotches. Precarious pussy pics galleries amassment is free. The off colour complicated women pussy pics are here [url=https://hairypussypix.com/galleries/nude-and-hairy-pics.html]go[/url]
    hairy vagina
    hairy porno gallery
    beautiful nude ladies with hairy pussies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *