Empat Kebenaran Mulia

Empat Kebenaran Mulia pertama kali disampaikan oleh Siddhartha Gautama pada tahun 528 SM di Taman Rusa, Sarnat, dekat Varanasi, tidak lama setelah ia mendapat pencerahan (Sumedho, 2010: 19).

Empat Kebenaran Mulia merupakan ajaran yang sangat luhur sehingga, berkat keluhurannya, tidak sedikit cendikiawan muslim yang menyebut Siddharta sebagai nabi. Jamaluddin al-Qasimi, misalnya, dalam kitab Mahasin al-Ta’wil menyebut Siddhartha sebagai salah satu nabi yang juga diceritakan di dalam al-Qur’an. Ia menafsirkan kata “al-Tin” yang terdapat dalam surat al-Tin sebagai pohon Bodhi, tempat Siddhartha mendapat pencerahan. Tafsiran seperti ini bukanlah hal yang baru. Di Abad Pertengahan, Ibn Taimiyah juga membuat tafsiran yang sama (Fauziah, 2018: 50).

Jika kita memaksa diri mencari, tentu kita akan menemukan kesamaan antara Siddhartha dengan para nabi. Sebagaimana nabi pada umumnya, Siddhartha pun pada mulanya tidak ingin membebani dirinya dengan tanggung jawab sosial. Sesaat setelah pencerahan, ia bermaksud menyimpan untuk dirinya sendiri kebenaran yang telah ia peroleh ketimbang harus menyampaikan dan mengajarkannya kepada orang lain.

Alasannya cukup sederhana; kebenaran yang ia peroleh ini merupakan ajaran yang sangat mendalam sehingga akan sulit menyampaikannya kepada orang lain dengan kata-kata. Ketika Siddhartha berpikir demikian, ia pun didatangi oleh Mahadewa Brahma Sahampati, dewa pencipta dalam tradisi Hindu, dan memintanya untuk tetap menyampaikan dan mengajarkan ajarannya (Sumedho, 2010: 24).

Lalu apa pula yang membedakan Siddhartha dengan para nabi? Jika memang “nabi” sendiri artinya adalah “orang yang diberitahu” atau “diberi kabar”, tentu Siddhartha tidak bisa begitu saja disamakan dengan nabi layaknya nabi-nabi dalam tradisi Bani Israel. Hal ini tidak lain karena ia tidak pernah mengakui bahwa pencerahan atau kebenaran yang ia peroleh merupakan anugrah yang diberikan oleh sosok yang lebih agung. Sebaliknya, ia justru mengklaim bahwa semua itu ia peroleh berkat usahanya sendiri.

Dalam Dhammacakkappavattana Sutta Siddhartha mengatakan:

Saya adalah yang telah mengatasi segalanya,
Saya terlepas dari segala bentuk;
Telah melepaskan segalanya, mencapai pembebasan,
Dengan menghancurkan nafsu keinginan.
Telah memperoleh pengetahuan dengan kemampuan saya sendiri,
Siapa yang seharusnya saya sebut sebagai guru?

Kemudian ia melanjutkan dengan ungkapan berikut:

Saya tidak mempunyai guru,
Tiada siapa pun yang menyamaiku
Di alam manusia dan dewa,
Tidak ada yang menjadi tandinganku (Sayadaw, 2020: 49).

Ungkapan di atas ia sampaikan kepada Upaka, orang yang ia temui di jalan ketika menuju Taman Rusa, belum terlalu jauh dari pohon Bodhi. Sekarang mari kita melakukan identifikasi psikologis: anggaplah bahwa kita adalah Upaka yang mendengar langsung ungkapan tersebut dari seseorang yang mungkin tidak kita kenal. Mungkin kita akan menganggap orang itu sedang berhalusinasi. Begitu juga dengan Upaka, ia tidak tertarik dengan apa yang disampaikan Siddhartha dan pergi berlalu begitu saja.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Siddhartha sadar apa yang telah ia ungkapkan tidaklah efektif. Oleh karena itu, ia tidak mengulangi ungkapannya itu lagi di Taman Rusa, melainkan langsung membabarkan Empat Kebenaran Mulia kepada lima orang rekannya di Taman Rusa (Sumedho, 2010: 27). Empat Kebenaran Mulia tersebut adalah kebenaran yang dinamakan penderitaan (Dukkhasacca), kebenaran yang dinamakan asal mula penderitaan (Samudayasacca), kebenaran yang dinamakan akhir penderitaan (Nirodhasacca), dan kebenaran yang dinamakan jalan menuju berakhirnya penderitaan (Maggasacca).

Kebenaran yang Dinamakan Penderitaan (Dukkhasacca)

Para bhikkhu, apa yang akan saya ajarkan sekarang adalah kebenaran mulia yang dinamakan penderitaan yang harus diketahui para ariya. Kelahiran adalah penderitaan; penuaan adalah penderitaan; kematian adalah penderitaan; kesedihan, ratap tangis, kesakitan, dukacita, dan kepedihan yang mendalam adalah penderitaan; berkumpul dengan orang-orang yang tidak disukai atau orang yang dibenci adalah penderitaan; berpisah dengan orang-orang yang disukai adalah penderitaan; tidak mendapatkan apa yang diinginkan itu pun adalah penderitaan; atau sebaliknya, mendapat apa yang tidak diinginkan juga penderitaan. Secara singkat, lima agregat yang membentuk objek pelekatan atau kelompok nama-rupa yang melekat pada konsep aku, milikku, kekekalan, kepuasan (sukha), diri sendiri, sesungguhnya merupakan penderitaan (Sayadaw, 2020: 134-135).

Ungkapan di atas seakan menjadi kabar buruk bagi siapa pun yang mendengarnya. Namun Siddhartha telah mengungkapkan realitas yang sesungguhnya, yaitu kehidupan adalah penderitaan. Ini bukan soal “penderitaanku”, “penderitaanmu”, atau “penderitaan siapa pun”, melainkan, sekali lagi, hidup itu sendiri adalah penderitaan.

Jika kita mencermati dengan seksama ungkapan di atas, sangat jelas akan sulit menemukan ruang bagi kebahagiaan, terlebih-lebih karena kita cenderung memahami kebahagiaan sebagai sesuatu yang ada di luar sana, bisa dipungut sebanyak-banyaknya, dan bisa pula dikuasai. Semakin banyak kita memungut sesuatu yang disebut kehahagiaan ini, maka semakin bahagia pulalah kita. Dalam ajaran Siddartha memang tidak ada tempat bagi kebahagiaan semacam itu. Bahkan sebaliknya, sebagaimana yang akan kita lihat, kebahagiaan semacam itu pun tidak lain adalah penderitaan.

Mahasi Sayadaw mencatat setidaknya ada tujuh kategori penderitaan. Pertama adalah Dukkha Dukkha, yaitu sifat alami penderitaan, baik itu penderitaan jasmani maupun rohani, atau yang disebut juga sebagai penderitaan dalam rasa sakit. Oleh karena itu, Dukkha Dukkha adalah sesuatu yang selalu dihindari oleh makhluk hidup.

Kedua adalah Viparinama Dukkha. Jenis penderitaan ini terdiri dari Kaya Sukha, yaitu sensasi kenikmatan jasmani yang muncul di saat kita berinteraksi dengan objek-objek yang menyenangkan, dan Cetasika Sukha, kondisi batin yang muncul akibat interaksi dengan objek-objek yang menyenangkan tersebut.

Berbeda dengan Dukkha Dukkha yang selalu dihindari oleh setiap makhluk hidup, Viparinama Dukkha pada dasarnya adalah sesuatu yang selalu digandrungi oleh setiap makhluk hidup. Hal ini mengingatkan saya dengan ungkapan Jeremy Bentham yang kemudian menjadi kredo utilitarianisme. Bentham mengatakan, “Alam telah menempatkan manusia di bawah kendali kesenangan dan penderitaan” (Bentham, 2010: 26). Oleh karena itu, Bentham menganjurkan agar seluruh aturan, baik itu hukum dan moral, haruslah bertujuan untuk menghindari penderitaan dan mengejar kesenangan.

Apa yang dimaksud Bentham dengan “kesenangan” dan “penderitaan” tidak lain adalah Viparinama Dukkha dan Dukkha Dukkha. Namun, kesenanangan, yang dalam ajaran utilitarianisme adalah sesuatu yang seharusnya didambakan, dalam Buddhisme hal itu justru adalah penderitaan. Lalu bagaimana mungkin kesenangan yang senyatanya memang sangat didambakan oleh seluruh makhluk hidup justru dianggap sebagai penderitaan? Bagaimana mungkin sukha menjadi dukkha?

Anggaplah kita mendambakan sesuatu dan kita pun memperolehnya. Tentu ini sangat menyenangkan, dan tentu saja Siddhartha pun tidak mengingkari hal ini. Namun, ketika sesuatu yang telah kita miliki ternyata luput dari genggaman, maka seketika itu juga kesenangan akan berubah menjadi penderitaan. Tidak sedikit orang yang depresi, dihampiri kegilaan, atau bahkan memilih mengakhiri hidup karena kehilangan sesuatu yang sangat dicintai. Itulah Viparimana Dukkha yang secara harfiah dapat diartikan sebagai penderitaan akibat perubahan.

Ketiga adalah Sankhara Dukkha. Interaksi kita dengan dunia luar biasanya akan melahirkan kesan-kesan, baik itu berupa kesan yang menyenangkan maupun kesan yang tidak menyenangkan. Namun, ada situasi di mana interaksi kita dengan dunia luar tersebut tidak melahirkan kesan apa pun.

Hal ini biasanya terjadi ketika kita berinteraksi dengan “benda-benda” yang sering kita saksikan sehingga kehadiran mereka tidak memberi pengaruh apa pun pada kondisi mental kita. Kondisi ini disebut sebagai Upekkha Vedana, yaitu perasaan tenang atau netral.

Sebagaimana rasa senang, kondisi netral pun selalu bersifat temporer. Butuh upaya yang gigih dan terus menerus agar mental tetap berada dalam kondisi netral. Upaya seperti itu pada dasarnya tidak lain adalah penderitaan. Jika disimpulkan dari penjelasan sebelumnya, maka kita akan menemukan tiga kondisi mental, yaitu rasa sakit, rasa senang, dan netral. Ketiga-tiganya adalah penderitaan.

Keempat adalah Paticchanna Dukkha, yaitu penderitaan jasmani seperti sakit kepala, sakit gigi dan sebagainya maupun penderitaan rohani akibat tidak terpenuhinya keinginan seperti amarah, kekecewaan, sedih, dan sebagainya. Penderitaan ini pada dasarnya hanya diketahui oleh si penderita. Itulah mengapa ia disebut sebagai Paticchanna Dukkha, yang secara harfiah berarti penderitaan terselubung atau disebut juga sebagai Apataka Dukkha, yaitu penderitaan semu.

Kelima adalah Apatichanna Dukkha. Berbeda dengan Paticchanna Dukkha yang sifatnya terselubung, Apaticchanna Dukkha justru sangat mudah diidentifikasi oleh orang lain. Penderitaan jenis ini meliputi luka atau bekas luka pada tubuh, entah itu akibat tebasan pedang atau semacamnya. Apaticchanna Dukkha disebut juga sebagai Pataka Dukkha yang berarti penderitaan nyata atau penderitaan yang terlihat.

Keenam adalah Pariyaya Dukkha, penderitaan yang muncul dari semua bentuk nama dan rupa. Nama, sebagai unsur-unsur rohani, dan rupa, sebagai unsur-unsur jasmani merupakan dua unsur yang membentuk kehidupan. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Nama dan rupa juga disebut sebagai Pancaskandha, yaitu lima gugus atau lima agregat kehidupan yang terdiri dari wujud materi (rupa), perasaan atau sensasi (vedana), persepsi atau pencerapan (samjna), kehendak atau aktivitas mental (sankhara), dan kesadaran (vijnana).

Tanpa lima agregat ini semua makhluk hidup tidak akan bisa berinteraksi dengan dunia luar. Bahkan lebih dari itu, tidak akan ada yang namanya makhluk hidup dan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar itu sendiri pada dasarnya bukanlah penderitaan, namun penderitaan pasti lahir darinya karena makhluk hidup akan melekat pada Pancaskandha tersebut. Itulah mengapa penderitaan jenis ini disebut sebagai Pariyaya Dukkha, yang bisa dipahami sebagai penderitaan tidak langsung.

Ketujuh adalah Nippariyaya Dukkha, yaitu penderitaan langsung. Tidak perlu aturan rumit untuk menyadari penderitaan ini. Kelahiran (jati) termasuk penderitaan jenis ini. Tidak peduli di mana dan dalam status sosial apa seseorang dilahirkan, ia akan tetap merasakan penderitaan. Anggaplah kita dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang berkecukupan, namun itu tidak menutup pintu bagi penderitaan untuk selalu hadir dalam kehidupan kita. Tubuh masih bisa terserang penyakit. Begitu pula batin tidak jarang mengalami kecemasan dan ketakutan. Oleh karena itu, kelahiran itu sendiri adalah penderitaan.

Kebenaran yang Dinamakan Asal Mula Penderitaan (Samudaya Sacca)

Para bikhu, apa yang akan saya ajarkan sekarang adalah kebenaran mulia yang dinamakan dengan asal mula penderitaan yang harus diketahui oleh para ariya. Ada keinginan ini, nafsu ini yang memunculkan kelahiran kembali yang baru dan terikat dengan kesenangan dan pelekatan; mencari kenikmatan, mencari kepuasan sekarang di sini, sekarang di sana, di mana-mana…” (Syadaw 2020: 174).

“Keinginan adalah sumber penderitaan”. Demikianlah inti dari ungkapan di atas. Jika kita mencermati dunia luar, akan terlihat bahwa fenomena-fenomena maupun benda-benda yang ada di sekeliling kita semuanya berasal dari keinginan; buku yang sedang kita pegang ada karena keinginan, segelas kopi atau minuman apa pun yang ada di meja kitaa ada karena keinginan, dan bahkan keberadaan kita di dunia ini juga karena keinginan. Pernahkah kita melakukan sesuatu tanpa melibatkan keinginan kita sendiri? Tentu saja. Namun, itu bukan berarti tanpa keinginan sama sekali. Hal seperti itu biasa terjadi ketika kita tunduk pada keinginan yang lebih superior; entah itu keinginan orang tua, penguasa, dan sebagainya.

Lalu, apakah keinginan itu? Dalam bahasa Pali keinginan disebut sebagai Tanha, yang secara harfiah berarti dahaga (Sayadaw, 2020: 174). Namun berbeda dengan yang dipahami sehari-hari, keinginan adalah suatu jenis dahaga yang tidak akan pernah terpuaskan. Ketika orang memperoleh sesuatu yang diinginkan, lambat laun ia akan merasa bosan dengan apa yang telah ia peroleh dan ia pun akan menginginkan sesuatu yang lain, demikian seterusnya tanpa akhir.

Siddhartha menyebut ada tiga jenis tanha yaitu, Kamatanha, Bhavatanha, dan Vibhatanha. Harus diingat bahwa tiga tanha ini bukanlah sesuatu yang masing-masing berdiri sendiri, melainkan ragam aspek dari keinginan itu sendiri yang dibedakan berdasarkan objeknya. Dengan demikian tanha akan lebih mudah dipahami (Sumedho, 2010: 68).

Kamatanha adalah keinginan terhadap kenikmatan-kenikmatan sensual (Sumedho, 2010: 65). Keinginan jenis ini sangat mudah dipahami karena ia sering hadir ketika kita berinteraksi dengan objek-objek indera. Ketika melihat objek yang indah, kita akan berkeinginan untuk memilikinya atau setidaknya berkeinginan untuk terus berinteraksi dengannya. Pun demikian ketika orang mendengar suara yang merdu, mencium aroma yang wangi, dan seterusnya.

Bhavatanha adalah keinginan yang disertai anggapan keliru tentang kekekalan (sassataditthi). Sebagian besar orang mungkin percaya bahwa jiwanya akan kekal setelah kematian. Namun tidak satu pun dari mereka yang tahu bahwa jiwa benar-benar kekal. Mereka hanya berharap demikian: mereka ingin agar mereka terus kekal. Inilah Bhavatanha yang secara harfiah dapat diartikan sebagai keinginan untuk kekal (Sayadaw, 2020: 218).

Namun, manifestasi dari keinginan jenis ini sangat beragam. Ketika kita ingin menjadi sesuatu yang berbeda dari diri kitayang sekarang, itu juga merupakan manifestasi dari Bhavatanha. Oleh karena itu, sebagian komentator juga mengartikan Bhavatanha sebagai keinginan untuk menjadi (Sumedho, 2010: 66).

Terkadang kita tidak mampu menerima kenyataan bahwa “inilah aku sebagaimana adanya”. Selalu ada keinginan untuk menjadi lebih dari sekedar apa adanya. Beberapa orang ingin menjadi manusia suci, ada yang ingin menjadi figur publik, dan seterusnya. Tentu saja tidak semua keinginan-keinginan ini selalu sejalan dengan realitas. Ketika terjadi kontradiksi antara keinginan-keinginan ini dengan realitas, maka di sanalah akan lahir penderitaan.

Vibhavatanha adalah keinginan yang disertai anggapan keliru tentang tiadanya kehidupan atau tidak ada yang tersisa setelah kematian (ucchedaditthi). Doktrin seperti ini diajarkan oleh Ajita, pemimpin salah satu sekte di zaman Siddhartha hidup. Kata “vibhava” dalam “vibhavatanha” sendiri artinya adalah “tidak dilahirkan”, “bukan wujud”, atau “penghancuran kehidupan”. Oleh karena itu, berbeda dengan Bhavatanha, Vibhavatanha dapat dipahami sebagai keinginan untuk binasa (Sayadaw, 2020: 220).

Manifestasi dari keinginan ini juga beragam. Sekedar untuk memudahkan pemahaman; ketika seseorang gagal memenuhi keinginan untuk menjadi sesuatu, ia akan berusaha untuk menjadi sesuatu yang lain. Ketika seseorang telah putus asa untuk menjadi sesuatu, maka lahirlah keinginan untuk tidak menjadi apa pun. Inilah Vibhavatanha, yang sebagian komentator menyebutnya sebagai “keinginan untuk tidak menjadi” atau “keinginan untuk menyingkirkan” (Sumedho, 2010: 67).

Contoh lain, interaksi dengan dunia luar biasanya akan melahirkan kesan-kesan yang dikotomis seperti suka dan tidak suka. Vibhavatanha selalu hadir untuk menyingkirkan apa yang tidak disukai. Problemnya adalah, tidak semua yang tidak disukai dapat disingkirkan begitu saja. Itulah mengapa Siddhartha, dalam Dhammapada, berpesan, “Janganlah menggeluti yang disenangi dan yang tak disenangi kapan saja. Tak melihat yang disenangi dan melihat yang tak disenangi adalah penderitaan” (Dhammapada, 2023: 59).

Tiga jenis keinginan yang telah diuraikan di atas adalah sumber dari segala bentuk penderitaan. Namun, yang menjadi persoalan adalah tanpa keinginan-keinginan tersebut, manusia atau bahkan mahkluk hidup pada umumnya tidak akan mampu bertahan hidup. Bukankah menyingkirkan keinginan-keinginan tersebut berarti menolak kehidupan? Bukankah menyingkirkan keinginan juga merupakan bentuk dari keinginan? Dengan kata lain, mampukah keinginan menyingkirkan dirinya sendiri dan keinginan seperti apakah itu? Pertanyaan-pertanyaan ini akan menggiring kita pada situasi yang rumit, namun akan coba diuraikan dalam pembahasan berikutnya.

Kebenaran yang Dinamakan Akhir Penderitaan (Nirodhasacca)

Para bhikkhu, apa yang akan saya ajarkan sekarang adalah kebenaran mulia yang dinamakan akhir penderitaan, kebenaran sejati yang seharusnya diketahui oleh para arya. Ini merupakan pelenyapan dan akhir sepenuhnya dari rasa lapar, nafsu-kehausan tanpa tersisa, meninggalkan dan menyerahkan, melepaskan, merelakan, dan terbebas dari nafsu-kehausan (Sayadaw, 2020: 226).

Di atas telah dijelaskan berbagai jenis keinginan yang kemudian menjadi sumber dari segala bentuk penderitaan. Namun, yang perlu dipahami adalah bahwa keinginan itu sendiri bukanlah penderitaan. Ia hanya menjadi sumber penderitaan dan tidak mesti selalu demikian. Keinginan akan menjadi sumber penderitaan jika orang terikat padanya. Terikat pada keinginan berarti tunduk padanya dan terlalu bereaksi dengan kehadirannya (Sumedho, 2010: 70).

Keinginan tentu bukanlah sesuatu yang dapat disingkirkan karena upaya menyingkirkannya hanya akan membawa kita pada lingkaran setan. Dengan kata lain, berkeinginan untuk menyingkirkan keinginan tidak lain adalah Vibavatanha yang juga menjadi sumber penderitaan. Semakin orang berkeinginan untuk menyingkirkan keinginan, semakin jauh pula ia terperosok dalam penderitaan. Oleh karena itu, akhir dari penderitaan bukanlah kondisi yang dicapai melalui upaya untuk menyingkirkan keinginan, melainkan kondisi ketika keinginan dilepaskan atau dibiarkan begitu saja berlalu sebagaimana adanya.

Kita bisa saja meragukan hal ini dengan mengatakan bahwa “membiarkan” pun selalu melibatkan keinginan. Namun, “membiarkan” bukanlah suatu jenis aktivitas apa pun. Artinya, dengan membiarkan sesuatu sebagaimana adanya berarti kita tidak sedang melakukan apa-apa. Sesuatu akan berjalan sebagaimana adanya justru ketika absennya keinginan. Sebaliknya, keinginan tidak akan pernah membiarkan sesuatu berjalan sebagaimana adanya. Ia selalu berupaya menempatkan sesuatu dibawah dominasinya.

Di saat-saat tertentu kita pastinya sering merasa kesal atau marah dengan realitas yang sedang dihadapi. Rasa jengkel dan marah ini muncul karena realitas tersebut tidak tunduk di bawah keinginan kita. Tentu saja rasa jengkel dan marah ini adalah penderitaan. Namun ,yang perlu dipahami adalah, bukan realitas, melainkan ketidakmampuan untuk menerima realitas sebagaimana adanya-lah yang menyebabkan penderitaan.

Kebenaran yang dinamakan Jalan Menuju Berakhirnya Penderitaan (Maggasacca)

Para bhikkhu, apa yang akan saya ajarkan sekarang adalah kebenaran mulia yang dinamakan jalan menuju lenyapnya penderitaan. Dan, apakah jalan tersebut? Ini adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan, yaitu pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, usaha benar, perhatian benar, dan konsentrasi benar (Sayadaw, 2020: 232).

Jalan Mulia Berunsur Delapan di atas kemudian disebut juga sebagai Jalan Tengah. Disebut demikian karena jalan ini berada di antara dua jalan ekstrim, yaitu memburu kenikmatan-kenikmatan sensual di satu sisi dan asketisme ekstrim yang berupa penyiksaan diri di sisi lain.

Kedua jalan ekstrim ini lumrah dipraktikkan oleh orang-orang di masa Siddhartha hidup. Siddhartha sendiri sebelumnya pernah menempuh dua jalan ekstrim tersebut, namun menurutnya dua jalan tersebut tidak akan membantu untuk mencapai pencerahan. Hanya melalui Jalan Tengah atau Jalan Berunsur Delapanlah pencerahan dapat direalisasi. Siddhartha mengatakan, “Para bikkhu, dengan menghindari dua hal ekstrim, Saya telah mencapai pengetahuan tertinggi dari Jalan Tengah, yang menghasilkan penglihatan, pengetahuan, dan menuntun ke ketenangan” (Sayadaw, 2020: 57).

Di bawah ini akan diuraikan secara ringkas masing-masing dari delapan unsur Jalan Tengah tersebut.

Unsur pertama dari Jalan Mulia Berunsur Delapan adalah Pandangan Benar (sammaditthi). Ajahn Sumedho meyebut bahwa urutan dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan ini sebenarnya tidak mesti selalu demikian. Orang tidak harus memiliki Pandangan Benar terlebih dahulu baru kemudian beranjak ke Pikiran Benar (sammasankappa) dan seterusnya. Dalam praktikknya, delapan unsur tersebut sebenarnya terjadi bersamaan (Sumedho, 2010: 106).

Namun, kitab Anguttara Nikaya menyebut bahwa ketika Siddhartha menempatkan Pandangan Benar dalam urutan pertama sebenarnya memiliki konsekuensi logis. Pandangan Benar akan mengkondisikan urutan-urutan setelahnya. Dengan kata lain, Pandangan yang benar akan melahirkan Pikiran Benar, Ucapan Benar, Perbuatan Benar, Usaha Benar, Perhatian Benar, dan Konsentrasi yang Benar. Sebaliknya, pandangan yang salah akan melahirkan pikiran yang salah, pikiran yang salah akan melahirkan ucapan yang salah. Dalam ucapan yang salah terkandung perbuatan salah. Dalam perbuatan salah terkandung pula mata pencarian yang salah. Dan demikian seterusnya sampai pada konsentrasi yang salah (Wijaya, 2008: 7).

Pertanyaannya kemudian adalah, pandangan benar tentang apa? Siddhartha sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud Pandangan Benar adalah pandangan benar tentang Empat Kebenaran Mulia. Ia mengatakan, “Para bhikkhu, pandangan benar adalah memahami apa yang dinamakan penderitaan, memahami asal mula penderitaan, memahami akhir penderitaan, dan memahami jalan menuju akhir penderitaan” (Sayadaw, 2020: 232).

Pandangan benar juga diarahkan untuk memahami hukum universal yang berlaku di alam semesta, yaitu bahwa segala sesuatu senantiasa berubah (Wijaya, 2008: 20). Apa yang digenggam hari ini suatu saat akan hilang, orang yang dicintai suatu saat akan pergi, dan sukha senantiasa berubah menjadi dukkha. Ini adalah fakta sederhana yang semua orang akan dengan mudah memahaminya. Yang sulit dari fakta ini adalah menerimanya.

Di atas telah dibahas apa yang disebut sebagai Viparinama Dukkha, yaitu penderitaan karena perubahan. Pada dasarnya bukan perubahan itu sendiri yang menyebabkan penderitaan. Melainkan karena ketidakmampuan menerima hukum perubahan. Kita seringkali memperlakukan benda-benda yang kita sukai seolah-olah mereka kekal, dan kita akan mengalami kesedihan yang mendalam ketika mereka hilang.

Unsur kedua adalah Pikiran Benar (sammasankappa). Pikiran Benar berarti pikiran yang bebas dari berbagai macam kotoran batin seperti keserakahan (lobha), kebodohan (moha), kemauan yang buruk (byapada), dan kekejaman (vihimsa). Hal ini dapat diwujudkan melalui pengembangan cinta kasih dan belas kasih kepada semua mkhluk. Kedua unsur yang telah disebutkan, Pandangan Benar dan Pikiran Benar, dikategorikan sebagai kebijaksanaan (panna) yang dapat mengarahkan seseorang pada moral yang baik (sila) (Parjono, 2022: 8).

Unsur ketiga dari Jalan Mulia Berunsur Delapan adalah Ucapan Benar (sammavacca). Ucapan benar berarti mengucapkan sesuatu sebagaimana adanya. Dengan kata lain, ucapan benar adalah representasi dari realitas. Dalam berkomunikasi dengan orang lain, kita seringkali mendramatisir sebuah percakapan hanya untuk menarik perhatian lawan bicara. Ketika itu dilakukan, sebenarnya kita tidak lagi menyampaikan sesuatu sebagaimana adanya. Kebohongan-kebohongan kecil sangat rentan hadir dalam percakapan yang demikian.

Ucapan benar akan terwujud ketika kita mampu menahan diri untuk tidak berbohong (musavada), memfitnah (pisunavacca), mencerca (pharusapacca), dan menjauhkan diri dari percakapan yang tidak bermanfaat (samphapalapa) (Parjono, 2022: 9).

Usur keempat dari Jalan Mulia Berunsur Delapan adalah Perbuatan Benar (sammakammanta). Perbuatan Benar adalah perbuatan yang tidak menyakiti dan merugikan diri sendiri maupun orang lain (parjono, 2022: 9). Dua jalan ekstrim yang telah diuraikan di atas, yaitu mengumbar hawa nafsu dan asketisme ekstrim adalah bentuk dari perbuatan salah yang hanya akan melahirkan penderitaan terus menerus.

Perbuatan Benar dapat dikembangkan melalui penerapan Pancasila; bertekad untuk tidak menyakiti atau membunuh, tidak mencuri, tidak melakukan perbuatan zina, tidak berbohong, dan tidak mengkonsumsi hal-hal yang dapat menghilangkan kesadaran (Seng-yen, 2006: 89-90).

Unsur kelima adalah Penghidupan Benar (sammaajiva). Penghidupan Benar adalah penghidupan yang tidak merugikan diri sendiri dan makhluk lain. Siddharta memberikan beberapa contoh terkait penghidupan yang salah, yaitu perdagangan daging, perdagangan senjata, perdagangan makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kecanduan, perdagangan racun, dan perdagangan manusia (Parjono, 2022: 9).

Ucapan Benar, Perbuatan Benar, dan Penghidupan Benar masuk dalam kelompok moral (sila) yang dapat mengantarkan seseorang pada konsentrasi yang benar.

Unsur keenam adalah Usaha Benar (sammavayama). Siddhartha menjelaskan bahwa Usaha Benar mencakup empat hal. Pertama, usaha untuk menekan munculnya niat jahat, yaitu hal tidak baik yang belum muncul. Kedua, usaha untuk mengabaikan kejahatan, yaitu hal tidak baik yang telah muncul. Ketiga, usaha untuk mendorong hal-hal baik yang belum muncul. Keempat, mempertahankan hal-hal baik yang telah muncul (Sayadaw, 2020: 98-99).

Unsur ketujuh adalah Perhatian Benar (sammasati). Siddhartha menjelaskan bahwa Perhatian Benar mencakup dua hal. Pertama, merenungkan tubuh yang tidak kekal dan melihatnya tidak lebih sebagai jasmani yang buruk dan tidak menyenangkan. Kedua, merenungkan perasaan sebagai perasaan dan memahaminya hanya sebagai fenomena indrawi yang tidak kekal. Dengan merenungkan kedua hal ini, seseorang telah mengatasi Lima Agregat Kehidupan (pancaskandha) sebagaimana yang telah diuraikan di atas (Sayadaw, 2020: 102-103).

Unsur kedelapan adalah Konsentrasi Benar (sammasamadhi). Konsentrasi yang benar berarti tidak membiarkan batin atau pikiran mengembara kemana-kemana, melainkan membiarkannya menetap pada satu objek tunggal. Dengan konsentrasi yang benar, seseorang akan memahami segala bentuk fenomena jasmani dan rohani sebagaimana adanya sehingga pemahaman yang keliru terkait mengumbar hawa nafsu dan penyiksaan diri dapat dihindari.

Usaha Benar, Perhatian Benar, dan Konsentrasi Benar masuk dalam kelompok konsentrasi (samadhi). Inilah Jalan Mulia Berunsur Delapan atau yang disebut juga sebagai Jalan Tengah. Jalan ini dapat mengantarkan seseorang pada realisasi Nibbana, yaitu kondisi berakhirnya penderitaan.

Bacaan Lebih Lanjut:

Ajahn Sumedho. The Four Noble Truths: Penderitaan, Akar, Penuntasan, Jalan. Terj. Team Penerjemah Vidyasena. Yogyakarta: Suwung. 2010.

Dhammapada: Bait Kebenaran. Terj. Hendaka Vijjananda dan Desy Virajati. Jakarta: Lembaga Tipitaka Indonesia. 2023.

Iva Fauziah. “Kenabian Siddhratha Gautama dalam al-Qur’an Menurut Penafsiran al-Qasimi”. Nalar: Jurnal Islamic Studies. II. Juli 2018.

Jayagandho Willy Yandi Wijaya. Pandangan Benar. Yogyakarta: Insight Vidyasena Production. 2008.

Jeremy Bentham. Teori Perundang-Undangan: Prinsip-Prinsip Legislasi, Hukum Perdata dan Hukum Pidana. Terj. Nurhadi. Bandung: Nuansa dan Nusamedia. 2010.

Mahasi Sayadaw. Khotbah Utama tentang Pemutaran Roda Dhamma (Dhammacakkappavattana Sutta). Terj. Suwendah Su. Jakarta: Yayasan Dhammavihari. 2020.

Master Sheng-yen. Zen Wisdom: 18 Percakapan tentang Buddhadharma. Terj. Team Penerjemah Penerbit Karaniya. Yogyakarta: Suwung. 2006.

Parjono. “Ariya Attangika Magga Sebuah Metode Jalan Tengah untuk Mengatasi Ekstremisme: Kajian dalam Bingkai Agama Buddha”. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial dan Agama. VIII. Juli 2022.

Sumber Ilustrasi: Pinterest

 

About Minrahadi Lubis

Pelajar Filsafat

View all posts by Minrahadi Lubis →

5,209 Comments on “Empat Kebenaran Mulia”

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good results. If you know of any please share.
    Thanks! You can read similar text here: Ecommerce

  2. Hello there! Do you know if they make any plugins
    to assist with SEO? I’m trying to get my blog to rank for
    some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Cheers! You can read similar art here: Najlepszy sklep

  3. Howdy! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thanks! I saw similar blog here: GSA Verified List

  4. Wow, wonderful blog format! How long have you ever been blogging for?
    you made running a blog look easy. The entire look of your web site is great, let alone the content!
    You can see similar here dobry sklep

  5. I’m always impressed by the depth of knowledge and insight you bring to your posts. This was another fantastic article. Thank you!echozone

  6. 10 Factors To Know Regarding Mobile Automobile Locksmith You Didn’t
    Learn In School auto key replacement locksmith near me – Eileen

  7. Hello! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Thank you! You can read similar article here: Escape rooms review

  8. I have been browsing online greater than 3 hours nowadays, but I never found any interesting article like yours. It is beautiful value sufficient for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content as you probably did, the net will be much more useful than ever before!

  9. Visiting begin a business venture around the web usually means exposing your products or services moreover provider not only to some individuals inside your town, but yet to a lot of future prospects who may be over the web many times. easy internet business

  10. 10 Facts About Affordable SEO Services Near Me That Will Instantly Make You
    Feel Good Mood affordable seo services uk – Basil

  11. Guide To Vauxhall Astra Key Fob Replacement: The Intermediate Guide The Steps
    To Vauxhall Astra Key Fob Replacement vauxhall astra key fob (Tegan)

  12. Hello! Do you know if they make any plugins to help with Search
    Engine Optimization? I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thank you! You can read similar blog here

  13. Your style is unique in comparison to other people I’ve read stuff from. Many thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this page.

  14. I am curious to find out what blog system you are utilizing? I’m experiencing some small security problems with my latest site and I would like to find something more safeguarded. Do you have any recommendations?

  15. Whats tough now is how the systematic appearance to ones life is not changed. This may sound out of line? It is nearly as if we crawl through life with our eyes closed on, not understanding the true meaning of our own destiny.

  16. One time I had transferred each of the comments to my newly made Short article Responses page, I then proceeded to password secure the web page that may allow for only persons with all the password to access the page in order to comment.

  17. I dont think Ive read anything like this before. So good to find somebody with some original thoughts on this subject. nice one for starting this up. This site is something that is needed on the web, someone with a little originality. Good job for bringing something new to the internet!

  18. The next time I read a weblog, I really hope who’s doesnt disappoint me approximately this one. I mean, I know it was my choice to read, but When i thought youd have something intriguing to convey. All I hear is really a few whining about something that you could fix if you werent too busy searching for attention.

  19. I have learned new things from the blog post. One other thing to I have seen is that in many instances, FSBO sellers will certainly reject a person. Remember, they might prefer to not use your companies. But if anyone maintain a comfortable, professional relationship, offering assistance and staying in contact for around four to five weeks, you will usually be capable to win a discussion. From there, a listing follows. Many thanks

  20. Pretty section of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

  21. My husband and i felt very glad Michael could deal with his investigations out of the ideas he obtained from your own weblog. It’s not at all simplistic to simply happen to be giving for free helpful tips that other folks have been selling. So we discover we’ve got the writer to give thanks to for that. Those explanations you have made, the simple blog navigation, the friendships your site give support to promote – it’s many spectacular, and it’s really aiding our son and the family believe that this concept is enjoyable, and that’s extraordinarily indispensable. Many thanks for everything!

  22. There are a couple of fascinating points with time in this article but I don’t determine if they all center to heart. You can find some validity but I most certainly will take hold opinion until I look into it further. Good post , thanks therefore we want a lot more! Included with FeedBurner as well

  23. During the last century, asbestos was used in a variety of products, to make them stronger, more fire-resistant and less expensive.
    But exposure to airborne asbestos fibers can cause lung disease such as asbestosis and mesothelioma.

  24. Bunk Beds That Split Into Singles Tools To Make Your Daily
    Life Bunk Beds That Split Into Singles Technique
    Every Person Needs To Know bunk beds that split into singles [http://essencewatchstore.com/catalog/view/theme/_ajax_view-product_listing.php?product_href=http://nancysmell2.werite.net/10-quick-tips-for-single-bunk-bed-with-desk]

  25. Most asbestos victims and their families start the process by
    contacting a seasoned lawyer. A lawyer with experience will help them with the preparation of a lawsuit to claim compensation from the defendants who made asbestos Lawsuit-containing product.

  26. For Whom Is Motor Vehicle Settlement And Why You Should Consider Motor Vehicle Settlement motor vehicle accident attorney [Rubye]

  27. A mesothelioma lawyer who has experience will help you decide on the best type of lawsuit
    to suit your situation. The process begins with the filing of an initial complaint.
    The defendants have a specific time to respond.

    Also visit my web blog asbestos Settlement

  28. I seriously love your website.. Great colors & theme. Did you make this website yourself? Please reply back as I’m attempting to create my own personal site and would like to learn where you got this from or what the theme is called. Appreciate it.

  29. You ought to take part in a contest for one of the highest quality sites on the net. I will recommend this blog!

  30. Your style is unique in comparison to other folks I’ve read stuff from. Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  31. I want to to thank you for this excellent read!! I definitely enjoyed every little bit of it. I’ve got you book-marked to look at new things you post…

  32. Hi there! This post could not be written any better! Going through this article reminds me of my previous roommate! He always kept talking about this. I’ll forward this article to him. Pretty sure he’ll have a very good read. I appreciate you for sharing!

  33. Howdy, I believe your web site might be having internet browser compatibility issues. When I look at your blog in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it has some overlapping issues. I simply wanted to give you a quick heads up! Besides that, excellent site.

  34. Everything is very open with a clear clarification of the issues. It was truly informative. Your website is extremely helpful. Thanks for sharing.

  35. I randomly browse blogs on the web, and i discover your article to be very informational. I even have already bookmark it on my browser, so as that I will view your blog publish all over again later. Additionally, i’m wondering whether or not or not your weblog is open for link exchange, as i really need to trade links with you. I do not normally do that, however I hope that we are going to have a mutual hyperlink exchange. Let me grasp and have an ideal day!

  36. I’m very pleased to find this site. I need to to thank you for ones time for this wonderful read!! I definitely loved every part of it and I have you book marked to look at new information on your web site.

  37. Nice post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon on a daily basis. It will always be useful to read through content from other authors and practice something from other sites.

  38. There is certainly a great deal to learn about this subject. I really like all of the points you have made.

  39. Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you so much, However I am encountering troubles with your RSS. I don’t understand why I can’t subscribe to it. Is there anybody having identical RSS issues? Anybody who knows the solution will you kindly respond? Thanks!

  40. I need to to thank you for this great read!! I absolutely enjoyed every bit of it. I’ve got you book-marked to look at new stuff you post…

  41. You ought to take part in a contest for one of the most useful blogs on the internet. I most certainly will recommend this site!

  42. Having read this I believed it was very informative. I appreciate you spending some time and effort to put this article together. I once again find myself personally spending a lot of time both reading and leaving comments. But so what, it was still worthwhile.

  43. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a friend who has been conducting a little homework on this. And he in fact ordered me breakfast because I found it for him… lol. So allow me to reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this topic here on your web page.

  44. Greetings, I think your blog could be having internet browser compatibility problems. When I look at your web site in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it has some overlapping issues. I just wanted to give you a quick heads up! Aside from that, great blog.

  45. An impressive share! I have just forwarded this onto a colleague who has been conducting a little research on this. And he in fact ordered me breakfast because I discovered it for him… lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this matter here on your web site.

  46. You’re so interesting! I do not suppose I’ve truly read anything like this before. So great to discover another person with some unique thoughts on this issue. Seriously.. thanks for starting this up. This web site is something that’s needed on the web, someone with a little originality.

  47. After exploring a handful of the blog posts on your blog, I really like your technique of writing a blog. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list and will be checking back soon. Please visit my web site too and tell me your opinion.

  48. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you, However I am going through issues with your RSS. I don’t understand why I cannot join it. Is there anybody else getting similar RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond? Thanks!

  49. Having read this I believed it was really enlightening. I appreciate you spending some time and effort to put this information together. I once again find myself spending a lot of time both reading and commenting. But so what, it was still worth it.

  50. Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you, However I am encountering problems with your RSS. I don’t understand why I cannot join it. Is there anyone else having similar RSS problems? Anybody who knows the solution will you kindly respond? Thanx!!

  51. Right here is the right website for anybody who hopes to find out about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I personally will need to…HaHa). You certainly put a fresh spin on a subject that’s been discussed for decades. Excellent stuff, just wonderful.

  52. An impressive share! I have just forwarded this onto a co-worker who had been doing a little research on this. And he actually ordered me lunch due to the fact that I discovered it for him… lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending some time to talk about this matter here on your site.

  53. May I just say what a comfort to uncover somebody that truly understands what they’re discussing on the net. You certainly know how to bring a problem to light and make it important. A lot more people have to check this out and understand this side of your story. I was surprised that you aren’t more popular given that you most certainly possess the gift.

  54. Hello there! This blog post couldn’t be written any better! Reading through this article reminds me of my previous roommate! He constantly kept talking about this. I will forward this post to him. Fairly certain he will have a good read. Many thanks for sharing!

  55. I wanted to thank you for this good read!! I certainly enjoyed every bit of it. I’ve got you book-marked to check out new things you post…

  56. I truly love your site.. Very nice colors & theme. Did you develop this web site yourself? Please reply back as I’m hoping to create my own website and would like to find out where you got this from or exactly what the theme is called. Cheers.

  57. You’ve made some good points there. I looked on the net to find out more about the issue and found most people will go along with your views on this site.

  58. I was very pleased to find this website. I wanted to thank you for your time for this particularly fantastic read!! I definitely really liked every bit of it and i also have you saved as a favorite to check out new things on your website.

  59. That is a great tip particularly to those new to the blogosphere. Simple but very precise info… Thank you for sharing this one. A must read article.

  60. Spot on with this write-up, I absolutely think this amazing site needs far more attention. I’ll probably be returning to read more, thanks for the information.

  61. The next time I read a blog, I hope that it doesn’t disappoint me just as much as this one. After all, Yes, it was my choice to read, however I truly thought you’d have something helpful to say. All I hear is a bunch of complaining about something that you could possibly fix if you were not too busy looking for attention.

  62. Having read this I thought it was extremely informative. I appreciate you taking the time and energy to put this content together. I once again find myself personally spending a significant amount of time both reading and leaving comments. But so what, it was still worth it.

  63. Your style is so unique compared to other folks I have read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.

  64. Excellent web site you’ve got here.. It’s difficult to find quality writing like yours nowadays. I really appreciate people like you! Take care!!

  65. Can I just say what a comfort to discover somebody who really understands what they’re discussing on the internet. You definitely understand how to bring an issue to light and make it important. More and more people must read this and understand this side of your story. It’s surprising you are not more popular given that you definitely have the gift.

  66. Hello there! I simply want to give you a huge thumbs up for your excellent info you have got right here on this post. I am returning to your web site for more soon.

  67. You are so cool! I do not suppose I’ve read something like this before. So nice to find someone with some original thoughts on this topic. Seriously.. many thanks for starting this up. This web site is one thing that is needed on the internet, someone with a bit of originality.

  68. I must thank you for the efforts you’ve put in writing this site. I really hope to check out the same high-grade content by you later on as well. In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my very own site now 😉

  69. This is a great tip especially to those fresh to the blogosphere. Brief but very accurate info… Appreciate your sharing this one. A must read post!

  70. Can I simply just say what a relief to find someone that genuinely understands what they’re talking about on the net. You actually understand how to bring a problem to light and make it important. A lot more people have to look at this and understand this side of your story. It’s surprising you are not more popular since you surely have the gift.

  71. I needed to thank you for this excellent read!! I definitely enjoyed every little bit of it. I’ve got you book marked to look at new stuff you post…

  72. May I just say what a comfort to discover somebody that actually knows what they’re talking about on the web. You definitely realize how to bring an issue to light and make it important. More and more people ought to read this and understand this side of the story. I was surprised that you’re not more popular given that you certainly have the gift.

  73. Good site you have here.. It’s difficult to find high quality writing like yours nowadays. I honestly appreciate individuals like you! Take care!!

  74. Good day! I just wish to give you a huge thumbs up for the excellent information you’ve got right here on this post. I will be returning to your website for more soon.

  75. I really love your website.. Pleasant colors & theme. Did you build this web site yourself? Please reply back as I’m planning to create my own personal blog and want to find out where you got this from or exactly what the theme is named. Appreciate it!

  76. After exploring a few of the articles on your web page, I honestly appreciate your way of writing a blog. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list and will be checking back in the near future. Take a look at my website as well and tell me how you feel.

  77. Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon on a daily basis. It will always be interesting to read through articles from other writers and practice something from their web sites.

  78. This is the right webpage for anyone who would like to understand this topic. You understand so much its almost hard to argue with you (not that I actually will need to…HaHa). You definitely put a new spin on a subject that’s been discussed for years. Wonderful stuff, just excellent.

  79. After checking out a handful of the blog articles on your web site, I really like your technique of writing a blog. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list and will be checking back soon. Please visit my web site too and tell me what you think.

  80. Can I merely say such a relief to discover somebody that actually knows what theyre discussing over the internet. You actually learn how to bring a difficulty to light and earn it essential. The best way to have to ought to see this and can see this side in the story. I cant believe youre less well-liked since you also undoubtedly contain the gift.

  81. I loved as much as you’ll receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.

  82. I’m impressed, I must say. Genuinely rarely do you encounter a blog that’s both educative and entertaining, and let me tell you, you may have hit the nail to the head. Your thought is outstanding; the pain is a thing that not enough folks are speaking intelligently about. My business is delighted that we found this in my try to find some thing regarding this.

  83. I’m impressed, I have to admit. Seldom do I encounter a blog that’s both equally educative and engaging, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head. The problem is something that not enough men and women are speaking intelligently about. I am very happy I found this during my search for something regarding this.

  84. I’m not sure exactly how I found this blog because I had been researching information on Real Estate inWinter Springs, FL, but anyway, I have had a pleasant time reading it, keep it up!

  85. Everything is very open with a precise description of the challenges. It was truly informative. Your site is very helpful. Many thanks for sharing.

  86. Greetings! Very helpful advice within this post! It is the little changes which will make the largest changes. Many thanks for sharing!

  87. Hi. I needed to drop you a quick note to impart my thanks. I’ve been watching your webpage for a month or so and have picked up a heap of sound information as well as enjoyed the way you’ve structured your article. I am setting about to run my own webpage however I think its too general and I would like to focus more on smaller topics.

  88. This is a very good tip especially to those fresh to the blogosphere. Brief but very accurate information… Many thanks for sharing this one. A must read article!

  89. There are very a lot of details prefer that to consider. It really is a excellent specify mention. I provide the thoughts above as general inspiration but clearly there are actually questions like the one you start up the place that the most crucial factor will probably be working in honest excellent faith. I don?t know if guidelines have emerged about items like that, but Most likely your job is clearly defined as a fair game. Both kids glance at the impact of simply a moment’s pleasure, throughout their lives.

  90. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so much, However I am having issues with your RSS. I don’t understand the reason why I can’t subscribe to it. Is there anyone else getting the same RSS issues? Anybody who knows the solution can you kindly respond? Thanx!

  91. Hi there, I believe your web site may be having internet browser compatibility issues. When I take a look at your blog in Safari, it looks fine however, if opening in Internet Explorer, it’s got some overlapping issues. I merely wanted to provide you with a quick heads up! Other than that, fantastic blog.

  92. I’m curious to find out what blog platform you have been working with? I’m having some small security problems with my latest website and I would like to find something more safeguarded. Do you have any solutions?

  93. Hi, I do think your site may be having internet browser compatibility issues. When I take a look at your website in Safari, it looks fine however, when opening in I.E., it has some overlapping issues. I simply wanted to give you a quick heads up! Other than that, fantastic website.

  94. Spot on with this write-up, I actually feel this amazing site needs a great deal more attention. I’ll probably be back again to read more, thanks for the advice!

  95. Spot on with this write-up, I absolutely believe this amazing site needs far more attention. I’ll probably be back again to read more, thanks for the info!

  96. Having read this I thought it was extremely enlightening. I appreciate you spending some time and effort to put this article together. I once again find myself spending a lot of time both reading and posting comments. But so what, it was still worthwhile!

  97. Hello! I could have sworn I’ve visited your blog before but after going through a few of the articles I realized it’s new to me. Regardless, I’m certainly pleased I found it and I’ll be book-marking it and checking back regularly.

  98. An intriguing discussion is worth comment. I think that you ought to write more about this subject, it may not be a taboo subject but typically people don’t talk about these subjects. To the next! All the best!

  99. Having read this I thought it was rather enlightening. I appreciate you taking the time and effort to put this article together. I once again find myself personally spending a significant amount of time both reading and commenting. But so what, it was still worth it!

  100. Hello! I just wish to give you a big thumbs up for the excellent information you have got right here on this post. I am coming back to your site for more soon.

  101. As the majority of the company’s revenues are from payment for order flow, described as a kickback, the company has been criticized for routing orders to market makers that pay the most instead of those that offer the best order execution.

  102. Hi, I believe your web site could possibly be having internet browser compatibility problems. When I look at your website in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it’s got some overlapping issues. I just wanted to provide you with a quick heads up! Besides that, fantastic blog!

  103. After I originally left a comment I appear to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I receive 4 emails with the exact same comment. Is there an easy method you can remove me from that service? Thank you.

  104. As 12th Board exams have come to an end, I am sure most of you are desperately looking forward to search for the various available options that will help you build up a bright future ahead.

  105. You should be a part of a contest for one of the best sites on the web. I’m going to highly recommend this website!

  106. You’re so awesome! I do not think I have read a single thing like that before. So nice to find someone with a few original thoughts on this subject matter. Seriously.. thanks for starting this up. This website is something that’s needed on the internet, someone with a little originality.

  107. Your style is unique compared to other folks I’ve read stuff from. Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just book mark this web site.

  108. Howdy! I could have sworn I’ve been to this website before but after looking at a few of the articles I realized it’s new to me. Nonetheless, I’m definitely delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back regularly.

  109. I would like to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog. I really hope to see the same high-grade blog posts by you later on as well. In fact, your creative writing abilities has inspired me to get my own, personal site now 😉